Menpora Yakin Izin Liga 1 dan Liga 2 Akan Segera Keluar

Hingga 27 Mei petang, belum ada titik terang soal izin liga

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan, ia yakin izin Liga 1 dan Liga 2 2021/22 akan segera keluar. Ia percaya komitmen dari Polri yang memang berjanji akan segera mengeluarkan izin kompetisi.

"Saya kira komitmen Polri sudah jelas, semua persyaratan baik dari PSSI, dari BNPB, Satgas COVID-19, kemudian dari kami (Kemenpora) sebagai bahan pertimbangan Polri sudah diberikan. Saya sangat meyakini Polri akan segera mengeluarkan izin," ujar Zainudin di Kantor Kemenpora, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingin Liga 1 dan Liga 2 Bergulir Lagi

1. Menpora sebut ada beberapa hal yang membuat izin belum diumumkan

Menpora Yakin Izin Liga 1 dan Liga 2 Akan Segera KeluarMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Zainudin mengungkapkan alasan polisi belum mengumumkan soal izin adalah karena Kapolri dan Asops sedang tidak berada di Jakarta. Saat ini, mereka tengah berada di Papua. Ia pun meyakinkan izin liga akan segera turun.

"Saya yakinkan pada msayarakat, izin Liga 1 dan Liga 2 akan dikeluarkan Polri. Tinggal menunggu waktunya saja karena kami masih menunggu kabar dari Kapolri. Saya menjamin izin akan keluar, tunggu dari Polri saja," ujar Zainudin.

Baca Juga: Promosi dan Degradasi Akhirnya Diberlakukan di Liga 1 dan Liga 2 

2. Surat izin Liga 1 dan Liga 2 direncanakan keluar 27 Mei

Menpora Yakin Izin Liga 1 dan Liga 2 Akan Segera KeluarPemain PSM Makassar, Rizky Pellu (tengah), saat berusaha melewati hadangan gelandang Bhayangkara FC yakni Sani Rizki Fauzi (kiri) dalam pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2018, Minggu (15/7/2018), di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM. (Liga-Indonesia.id)

Dalam keterangan di Kantor Kemenpora pada Senin (24/5/2021) lalu, Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto mengungkapkan. surat izin Liga 1 dan 2 2021/22 akan dikeluarkan paling lambat 27 Mei. Namun, hingga 27 Mei petang, belum ada tanda-tanda surat izin akan dikeluarkan.

"Kita berdoa, semoga 27 Mei 2021 nanti surat izin Liga 1 dan 2 sudah bisa dikeluarkan. Tentunya masih harus dilengkapi, terutama terkait persyaratan dan rekomendasi, terutama untuk wilayah yang akan jadi venue Liga 1 dan 2 2021," ujar Imam.

3. Liga 1 dan Liga 2 tetap berlakukan degradasi

Menpora Yakin Izin Liga 1 dan Liga 2 Akan Segera KeluarPersija vs Persib. (ligaindonesiabaru.com)

Kompetisi Liga 1 musim 2021/22 dipastikan tetap memakai sistem degradasi. Promosi dan degradasi berlaku di semua level kompetisi Indonesia. Keputusan ini muncul dalam rapat darurat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (25/5/2021).

Diberlakukannya degradasi bukan hanya didasari rapat Exco semata. PSSI juga berkonsultasi dengan FIFA dan AFC terkait format kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

"Dalam diskusi dengan semua anggota Exco PSSI, akhirnya kami memutuskan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/22 tetap diberlakukan promosi dan degradasi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga: Bocorkan Kick Off Liga 2, Ketum PSSI: Mudah-mudahan 17 Juli 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya