Meski Gagal Jadi Juara Piala AFF U-19 2022, Laos Tetap Bahagia

Laos U-19 membawa keceriaan di Piala AFF U-19 2022

Jakarta, IDN Times - Laos memang gagal juara Piala AFF U-19 2022. Dalam babak final yang dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022) malam, Peter Phanthavong dan kolega tumbang dari Malaysia dengan skor 0-2.

Laos pun akhirnya gagal mencetak sejarah. Setelah melaju ke final Piala AFF U-19 2022, mereka urung melengkapi sejarah tersebut dengan menjadi juara. Meski begitu, ada kebahagiaan yang tetap muncul dari Laos.

Berkat keberhasilan melangkah ke final, pelatih Laos, Hans Michael Weiss berujar bahwa tanah Laos bergelora. Ada semacam perasaan yang muncul, sehingga membuat Laos bergairah dan membuat masyarakat bersuka cita.

1. Masyarakat Laos menggelar nonton bareng

Meski Gagal Jadi Juara Piala AFF U-19 2022, Laos Tetap BahagiaTimnas Laos di Piala AFF U-19 2022. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Weiss mendapatkan kabar, ketika Laos U-19 berlaga di Piala AFF U-19 2022, masyarakat Laos menyambutnya seakan-akan sebuah festival. Banyak orang Laos menggelar nonton bareng, dan hal itu membuat Laos kian semarak.

"Saya mau cerita, saat turnamen ini, saya banyak mendengar orang-orang di Laos berkumpul, mereka menonton bersama lewat layar lebar, seolah-olah turnamen ini jadi sebuah festival bagi mereka," ujar Weiss dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022

2. Weiss senang dengan kondisi tersebut

Meski Gagal Jadi Juara Piala AFF U-19 2022, Laos Tetap BahagiaPelatih Timnas Laos, Hans Michael Weiss. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Laos akhirnya gagal menjadi juara. Selepas menang berturut-turut sebanyak lima kali di Piala AFF U-19 2022, mereka harus merasakan kekalahan di babak final. Namun, Weiss tidak ambil pusing, karena mereka sudah membuat masyarakat Laos berbahagia.

"Kami menang lima laga di ajang ini, kalah di final, menyesakkan memang, tetapi kami memberikan orang-orang Laos waktu yang menyenangkan dalam dua minggu terakhir. Itu juga membahagiakan bagi kami," ujar Weiss.

3. Weiss ingin ajak Laos terbang tinggi

Meski Gagal Jadi Juara Piala AFF U-19 2022, Laos Tetap BahagiaTimnas Laos di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kegagalan di Piala AFF U-19 2022 bukan akhir dari segalanya bagi Laos. Ke depan, masih banyak ajang yang akan mereka ikuti, mulai dari Kualifikasi Piala Asia U-20, hingga SEA Games 2023 mendatang di Kamboja.

Weiss pun memiliki sebuah keinginan tersendiri. Dia ingin menolong Laos untuk bangkit. Keberhasilan ke final ini jadi momentum bagi Laos untuk melaju ke level yang lebih tinggi.

"Mesin terus berputar, dan target jangka pendek realistis saya adalah membawa Laos berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja. Dengan tim ini, jika kami terus berlatih bersama selepas Piala AFF U-19 2022, saya yakin kami bisa kompetitif," ujar Weiss.

Baca Juga: Juara Piala AFF U-19 2022, Malaysia Jaya Lagi di Indonesia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya