Nonton Piala Menpora dari Rumah, Bisa Dapat Hadiah

Diharapkan, euforia suporter bisa terbawa ke rumah

Jakarta, IDN Times - Tak terasa, hanya tinggal hitungan hari saja, Piala Menpora 2021 bergulir. Rencananya, ajang yang jadi pramusim Liga 1 dan Liga 2021 ini akan dihelat pada 21 Maret hingga 25 April 2021.

Empat kota, yakni Solo, Malang, Bandung, dan Sleman dipercaya untuk jadi tuan rumah ajang Piala Menpora 2021 ini. Namun, karena digelar di tengah pandemik COVID-19, ajang ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, salah satu penerapan protokol kesehatan ini adalah dilarangnya suporter datang ke stadion. Tidak cuma itu, suporter juga dilarang mengadakan nonton bareng (nobar). Tentu ini akan jadi hal yang berbeda bagi suporter di Indonesia.

Untuk menyiasati hal tersebut, sekaligus menjadi bahan edukasi untuk suporter, sejumlah elemen seperti Helo, PSSI, PSSI Pers, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengampanyekan tagar #DukungDariRumah. Hal ini pun diapresiasi oleh Ketua OC Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita.

"Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PSSI Pers yang inisiatif mengadakan lomba ini. Kami bisa ramaikan turnamen Piala Menpora 2021 ini tanpa datang ke stadion. Ini menjadi uji coba untuk mendapatkan izin kompetisi Liga 1 2021," kata Akhmad dalam konferensi pers secara daring, Selasa (16/3/2021).

Tidak cuma itu, lewat kampanye ini juga, kampanye #DukungDariRumah diramaikan dengan lomba chants, dan menawarkan total hadiah Rp10 juta yang nantinya dibagikan kepada juara pertama, peringkat kedua, serta posisi ketiga. Seperti apa teknis dari lomba chants ini?

Baca Juga: Suporter Jangan Nekat ke Stadion Selama Piala Menpora, Ada Sanksinya

1. Upload video ke akun Helo, lalu bagikan di media sosial

Nonton Piala Menpora dari Rumah, Bisa Dapat HadiahLiga-Indonesia.id

Seluruh suporter di Indonesia bisa mengikuti lomba ini dengan mudah. Suporter bisa menggunakan jersey tim kebanggaannya beserta aksesoris lain. Lantangkan suara kalian untuk tetap memberikan semangat kepada tim kebanggaan meskipun hanya dari rumah.

Unggah video momen ini ke akun Helo, lalu bagikan ke media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Setiap peserta wajib menyematkan akun PSSI Pers dan LIB dengan hastag #DukungDariRumah. Video yang diunggah hanya boleh perseorangan di dalam rumah dan tidak beramai-ramai.

2. Berapa total hadiah yang didapat?

Nonton Piala Menpora dari Rumah, Bisa Dapat Hadiahfreepik.com

Untuk durasi lomba, berlangsung selama dua pekan mulai 19 Maret sampai 2 April 2021. Pemenang lomba dinilai berdasarkan penonton terbanyak dan dinilai oleh tim panitia.

Terkait hadiahnya, juara pertama akan mendapatkan uang sebesar Rp 5,5 juta, peringkat kedua Rp 3 juta, dan peringkat ketiga Rp 1,5 juta. Selain itu, masih ada hadiah menarik lainnya yang sudah menanti para peserta.

3. Harapan agar euforia suporter terbawa ke rumah

Nonton Piala Menpora dari Rumah, Bisa Dapat Hadiahfreepik.com

Lebih jauh, lomba chants ini diharapkan dapat membawa euforia suporter ke dalam rumah. Ketum Jakmania, Diky Soemarno, mendukung gelaran lomba chants ini. Menurutnya, dengan hadirnya Piala Menpora 2021 saja, suporter sudah berbahagia.

"Kami sangat senang sepak bola di Indonesia ada lagi walaupun tidak bisa menonton langsung tapi itu tidak masalah. Malah dengan ini keterikatan suporter dan klub bisa lebih kuat serta bisa bersaing secara sehat. Jika Piala Menpora 2021 ini berjalan lancar, maka tidak ada alasan izin Liga 1 tak dikeluarkan," ujar Diky.

Baca Juga: Jakmania Mau Jumpa Anies, Bahas Langkah Antisipasi Nobar Piala Menpora

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya