Olimpiade 2020: Drama Enam Gol Warnai Kemenangan Brasil Atas Jerman

Brasil tampil apik lawan Jerman

Jakarta, IDN Times - Brasil meraih kemenangan dalam laga perdana Grup D cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2020 Tokyo. Berhadapan dengan Jerman di Nissan Stadium, Kamis (22/7/2021) malam, Brasil menang dengan skor 4-2.

Gol-gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Richarlison (7', 22', 30') dan Paulinho (90+4') untuk Brasil, serta Nadiem Amiri (57') dan Ragnar Ache (83') untuk Jerman. Kemenangan ini jadi bekal untuk Brasil dalam mengarungi sisa laga Grup D Olimpiade 2020.

1. Babak pertama, Brasil tampil dominan

Olimpiade 2020: Drama Enam Gol Warnai Kemenangan Brasil Atas JermanBrasil vs Jerman. (twitter.com/CBF_Futebol)

Kedua tim menurunkan para pemain kunci sejak awal. Brasil memainkan Richarlison, Diego Carlos, Dani Alves, dan Mateus Cunha. Sedangkan Jerman memainkan Nadiem Amiri, Max Kruse, Benjamin Henrichs, dan Maximilian Arnold.

Di awal-awal babak pertama, Brasil tampil begitu dominan. Bahkan, mereka sanggup mencetak gol cepat pada menit tujuh lewat upaya dari Richarlison, memanfaatkan umpan dari Antony Santos. Unggul cepat, Brasil semakin mendikte Jerman.

Lini tengah Brasil yang diisi Douglas Luiz dan Bruno Guimares begitu nyaman mengalirkan bola. Belum lagi, pergerakan Cunha dan Richarlison di lini depan juga begitu cair. Mereka berkali-kali melakukan pergerakan tanpa bola yang merepotkan lini pertahanan Jerman.

Hasil dari permainan Brasil ini begitu ciamik. Pada menit 22', Brasil menambah angka lewat Richarlison, memanfaatkan umpan Guilherme Arana. Lanjut delapan menit kemudian, dia kembali menorehkan gol memanfaatkan umpan dari Cunha. Skor 3-0 untuk Brasil.

Di sisa waktu babak pertama, Jerman berusaha memperkecil angka. Namun, upaya mereka gagal. Di sisi lain, Brasil bisa saja menambah angka, jika saja Cunha berhasil mengeksekusi penalti dengan baik. Skor 3-0 untuk Brasil bertahan sampai babak pertama tuntas.

Baca Juga: H-1 Pembukaan Olimpiade, Direktur Upacara Pembukaan Dipecat

2. Jerman berupaya mengejar di babak kedua

Olimpiade 2020: Drama Enam Gol Warnai Kemenangan Brasil Atas JermanBrasil vs Jerman. (twitter.com/CBF_Futebol)

Memasuki babak kedua, Jerman mulai mengatur diri. Mereka memperbaiki aliran bola yang kacau, serta mulai memperbaiki pertahanan. Hal itu berbuah positif bagi mereka. Pada menit 57, Nadiem Amiri memperkecil ketertinggalan lewat sepakan jarak jauhnya.

Sadar mulai mengendur, Brasil meningkatkan lagi agresivitas permainan mereka. Umpan-umpan pendek, dipadukan dengan umpan kombinasi satu dua, kembali mereka pertontonkan di pertengahan babak kedua.

Brasil juga memasukkan Malcom, Paulinho, dan Reinier untuk menambah daya gedor. Jerman merespons pergantian ini dengan memasukkan Jordan Torunarigha, Ragnar Ache, dan Eduard Loewen. Pergantian ini membuat permainan kedua tim makin hidup.

Jerman yang tak kenal lelah mengejar angka akhirnya mencetak gol kedua pada menit 83. Memanfaatkan umpan dari David Raum, Ragnar Ache membobol gawang Jerman lewat sundulannya. Skor berubah 2-3, harapan hidup untuk Jerman.

Di sisa waktu babak kedua, Jerman tetap berupaya menyamakan kedudukan. Sedangkan Brasil, mereka berusaha mempertahankan angka, sembari beberapa kali melepaskan serangan balik berbahaya. Upaya Brasil pun berhasil.

Pada menit 90+4, Paulinho sukses mencetak gol, setelah memanfaatkan umpan terobosan apik dari rekan setimnya. Skor berubah 4-2, dan skor ini bertahan sampai babak kedua tuntas. Brasil sukses memenangi laga.

3. Brasil jadi pemuncak klasemen Grup D

Olimpiade 2020: Drama Enam Gol Warnai Kemenangan Brasil Atas JermanBrasil vs Jerman. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Berkat kemenangan ini, Brasil untuk sementara sukses menjadi pemuncak Grup D cabor sepak bola Olimpiade 2020. Mereka mengungguli Pantai Gading yang di laga lain, meraih kemenangan 2-1 melawan Arab Saudi.

Brasil akan berhadapan dengan Pantai Gading di laga kedua Grup D, sedangkan Jerman akan bersua Arab Saudi. Jerman sendiri masih memiliki peluang untuk lolos ke fase gugur Olimpiade 2020, sedangkan Brasil hanya butuh satu kemenangan lagi.

Baca Juga: 10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade Tokyo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya