Pekik Suporter yang Kembalikan Magis SUGBK di Piala AFF 2022

SUGBK hidup kembali magisnya di Piala AFF 2022

Jakarta, IDN Times - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) merupakan tempat sakral bagi sepak bola nasional. Banyak momen bersejarah sepak bola Indonesia terjadi di stadion ini, tak terkecuali yang melibatkan Timnas Indonesia.

Alhasil, sempat ada kehampaan tersendiri ketika Indonesia tidak bermarkas lagi di SUGBK. Ibarat pepatah, bagai sayur tanpa garam. Rasanya ada yang kurang ketika Indonesia tidak menjamu lawan-lawannya di SUGBK.

Nah, pada gelaran Piala AFF 2022, stadion yang dibangun semasa GANEFO itu kembali mendapat kepercayaan untuk jadi markas Indonesia. Sontak, hal ini dimanfaatkan betul oleh para suporter yang tanpa basa-basi, langsung meramaikan GBK.

1. Terakhir kali pakai SUGBK pada 2019

Pekik Suporter yang Kembalikan Magis SUGBK di Piala AFF 2022IDN Times/Isidorus Rio

Menjadi hal yang wajar ketika fans Indonesia rindu menyaksikan Timnas berlaga di SUGBK. Terakhir kali skuad Garuda bermain di SUGBK terjadi pada 2019. Ketika itu, Indonesia menjamu Thailand dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sialnya, laga terakhir Indonesia di SUGBK itu memberi duka bagi fans. Di tengah situasi yang tidak baik kala itu, mereka tumbang di tangan Thailand dengan skor 0-3, via gol-gol Supachok Sarachat dan Theerathon Bunmathan.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

2. Kembali terdengar pekik suporter di SUGBK

Pekik Suporter yang Kembalikan Magis SUGBK di Piala AFF 2022Suasana GBK saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Sandy Firdaus

Setelah tidak dipergunakan dalam beberapa lama karena berbagai alasan, mulai dari pandemik COVID-19 hingga renovasi jelang Piala Dunia U-20 2023, SUGBK akhirnya dipakai lagi dalam Piala AFF 2022.

Laga lawan Kamboja dalam penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022), menjadi penanda kepulangan Pasukan Garuda di stadion yang berkonsep temu gelang tersebut. Suasana GBK riuh ramai, dengan teriakan para suporter.

Terdengar lagi juga lantunan lagu Indonesia Raya di SUGBK, sesuatu yang sudah lama tidak terjadi. Ya, SUGBK kembali kepada muruahnya, yakni kandang Indonesia.

3. Suporter berharap kebahagiaan ini berlanjut

Pekik Suporter yang Kembalikan Magis SUGBK di Piala AFF 2022Suasana GBK jelang laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Salah satu suporter yang datang dari Bogor, Ganden, mengaku senang dengan atmosfer SUGBK yang kembali ramai. Menurutnya, sudah lama dia tidak melihat SUGBK ramai dengan suporter seperti ini.

"Senang saya dengan antusiasmenya, bagus. Sudah lama saya enggak lihat GBK ramai kayak begini. Apalagi kan sebelumnya GBK biasa main di Pakansari, Bali, atau Bandung," ujar Ganden saat ditemui di GBK, Jumat (23/12/2022).

Ke depannya, Ganden berharap kuota untuk penonton ditambah lagi. Memang, pihak kepolisian membatasi kehadiran tiket di dua laga kandang Indonesia di Piala AFF 2022, dengan rincian 30 ribu lawan Kamboja, dan 50 ribu lawan Thailand.

"Saya berharap kuota penonton Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ditambah sih ke depannya di GBK. Terutama nanti semifinal dan final, semoga bisa full house," tutur Ganden.

Baca Juga: Gol Egy dan Witan Bantu Indonesia Bekuk Kamboja di Piala AFF

https://www.youtube.com/embed/zifHotQlLXA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya