Pelatih Brasil U-17 Putuskan Belajar Bahasa Indonesia

Semua demi kelancaran selama ada di Indonesia

Jakarta, IDN Times – Keramahan masyarakat Indonesia meninggalkan kesan bagi pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal. Saking terkesannya, dia bahkan sampai merasa perlu belajar Bahasa Indonesia.

Selama Piala Dunia U-17 2023, diam-diam Leal ternyata sudah mempelajari Bahasa Indonesia sedikit demi sedikit. Menurutnya, ini bisa membantu Brasil memahami kultur masyarakat Indonesia.

"Sedikit demi sedikit, tim pelatih kami ingin lebih dekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Itu salah satunya mempelajari hal kecil-kecil seperti ucapan sehari-hari," kata Leal dalam keterangan resmi.

Baca Juga: 3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala Dunia

1. Agar dapat memahami kultur Indonesia

Pelatih Brasil U-17 Putuskan Belajar Bahasa IndonesiaPelatih Brasil U-17, Phelipe Leal usai latihan di Senayan, Selasa (7/11/2023). (IDN Times/Tino).

Leal mengatakan, tim pelatih dan pemainnya perlu belajar Bahasa Indonesia agar bisa memahami kultur Indonesia. Pada akhirnya, para pemain Brasil U-17 akan lebih nyaman tinggal di Indonesia.

"Hal ini supaya para pemain bisa mengerti kultur Indonesia. Karena masyarakatnya sangat menerima kami. Ini juga penting agar pemain lebih nyaman dan tenang, sehingga mendapat dukungan masyarakat Indonesia," kata Leal.

Baca Juga: Duh! Pemain Kena Bully Gegara Indonesia Gagal di Piala Dunia U-17

2. Leal senang dan nyaman selama di Indonesia

Pelatih Brasil U-17 Putuskan Belajar Bahasa IndonesiaDuel Brasil versus Inggris di Piala Dunia U-17 (IDN Times / Tata Firza)

Leal merasa senang dan nyaman selama berada di Indonesia. Tim Brasil terkesan dengan sambutan hangat masyarakat Indonesia selama Piala Dunia U-17 2023.

"Sekali lagi, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Di mana pun kami berada, mereka selalu menerima kami dengan baik. Ini membuat kami lebih nyaman," ujar Leal.

Sambutan dari penggemar sepak bola nasional tentu tidak terlepas dengan kehadiran pemain dan pelatih Brasil yang bermain di Indonesia. Plus, di tim Brasil ada Fabio Oliviera, asisten pelatih Leal yang pernah bermain di Indonesia.

Baca Juga: Brasil Bawa Chef Pribadi ke Indonesia Selama Piala Dunia U-17

3. Brasil siap bersua Ekuador di 16 besar

Pelatih Brasil U-17 Putuskan Belajar Bahasa IndonesiaStriker Brasil U-17, Kaua Elias, usai jebol gawang Inggris (IDN Times / Tata Firza)

Brasil yang berstatus juara bertahan akan bertemu Ekuador di babak 16 besar di Stadion Manahan, Senin (20/11/2023). Duel sesama tim Amerika Selatan ini sepertinya tak dirisaukan Leal. Keduanya sudah sering berjumpa.

Terakhir kali, Brasil U-17 dan Ekuador U-17 bertemu di ajang Copa America U-17 2023. Dari dua pertemuan ini, kedua tim kompak berbagi poin karena hasilnya sama-sama berakhir dengan skor yang identik, yakni 2-2.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya