3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Semuanya meraih trofi juara

Piala Dunia U-17 adalah ajang yang tepat bagi pemain muda untuk menunjukkan talenta mereka. Tidak sedikit yang akhirnya menjadi pemain hebat dan menembus tim senior negaranya. Beberapa bahkan mampu terpilih tampil pada ajang sekelas Piala Dunia.

Dari sekian jebolan Piala Dunia U-17 yang berkesempatan turun di Piala Dunia level senior, beberapa pemain sukses menjadi pahlawan untuk negara yang mereka bela. Mereka membuat gol di laga final turnamen akbar tersebut dan menggondol trofi juara.

Siapa saja jebolan Piala Dunia U-17 yang mencetak gol di final Piala Dunia?

1. Emmanuel Petit (Prancis) mengakhiri perlawanan Brasil

3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala DuniaEmmanuel Petit (fff.fr)

Prancis mampu menggulung Brasil dengan skor 3-0 pada final Piala Dunia 1998 yang berlangsung di kandang sendiri. Kala itu, Zinedine Zidane memang menjadi bintang setelah membuat brace. Namun, nama Emmanuel Petit tidak boleh dilupakan lantaran menyumbangkan sebiji gol menjelang laga usai sekaligus mengakhiri perlawanan tim Samba.

Terkenal di timnas senior, tidak banyak yang tahu bahwa Petit sebenarnya sudah membela Prancis sejak usia belia. Ia adalah anggota negaranya saat berlaga di Piala Dunia U-16 1987 yang saat itu berlangsung di Kanada. Pada awal digelar tahun 1985, format turnamen ini memang U-16 sebelum akhirnya diubah pada 1991.

Ketika itu, Petit dkk berhasil lolos dari fase grup bersama dengan Australia. Namun, mereka langsung gugur pada babak knockout setelah dikalahkan Uni Soviet dengan skor 3-2. Sepanjang turnamen, seperti dilansir situs resmi FIFA, Prancis cuma membuat 6 gol dan mendapatkan 5 kartu kuning.

Baca Juga: 10 Penyerang Termahal di Piala Dunia U-17 2023

2. Andres Iniesta menghadirkan sejarah untuk Spanyol

3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala DuniaAndres Iniesta (twitter.com/EURO2024)

Pada Piala Dunia U-17 2001 di Triniad and Tobago, Spanyol gagal pulang membawa trofi. La Rojita, julukan mereka, kala itu harus tersisih pada babak penyisihan grup, menempati peringkat ketiga di bawah Argentina dan Burkina Faso. Mereka bahkan cuma sanggup mencetak empat gol, salah satunya disumbangkan Fernando Torres saat bersua Oman.

Meski belum berhasil menjadi juara, Spanyol melahirkan sejumlah talenta berbakat saat mengikuti ajang tersebut. Selain Torres yang kelak menjadi penyerang tajam, ada pula nama Andres Iniesta. Ia yang menentukan kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Gagal di level junior, Iniesta memang perkasa saat tampil untuk Timnas Spanyol. Setelah menjuarai Euro 2008, ia membawa La Furia Roja menggondol trofi Piala Dunia 2010. Gol tunggalnya di partai final melawan Belanda mengantarkan Spanyol meraih titel Piala Dunia pertama mereka sepanjang sejarah.

3. Mario Goetze tampil heroik sebagai pemain pengganti di Piala Dunia 2014

3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala DuniaMario Gotze (fifa.com)

Masih ingat final Piala Dunia 2014 antara Jerman dan Argentina? Turun dari bangku cadangan, Mario Goetze mampu mencetak gol tunggal kemenangan Die Mannschaft atas La Albiceleste pada menit ke-113. Ia menjadi pemain pengganti pertama yang membuat gol di final Piala Dunia dan akhirnya dinobatkan sebagai man of the match.

Sebelum tampil di level senior, Goetze kenyang pengalaman bersama tim junior Jerman. Ia adalah anggota negaranya ketika mengikuti ajang Piala Dunia U-17 2009 yang berlangsung di Nigeria. Goetze saat itu menyumbang sebiji gol saat Jerman bermain imbang 3-3 melawan tuan rumah. Sayangnya, mereka harus tersingkir di penyisihan grup.

Namun, perjalanan Goetze membela negaranya memang seperti roller coaster. Setelah Piala Dunia 2014, ia sempat turun di Euro 2016, tetapi gagal tampil maksimal. Namanya lantas tidak masuk line-up Jerman di Piala Dunia 2018 dan absen cukup lama. Setelah sekitar 5 tahun lamanya, ia kembali dipanggil untuk bermain di Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia, beberapa pemain disebut-sebut akan menjadi bintang besar. Nama-nama yang mencuat antara lain Marc Guiu (Spanyol), Claudio Echeverri (Argentina), dan Myles Lewis-Skelly (Inggris). Apakah mereka bisa memenuhi ekspektasi atau malah gagal berkembang?

Baca Juga: 5 Wonderkid Termahal di Piala Dunia U-17 2023

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya