Peluang Liverpool Juara Premier League Masih Terbuka

Harapan ada di tiga laga sisa bagi Liverpool

Jakarta, IDN Times - Hasil imbang yang didapat kala bersua Tottenham Hotspur pada Minggu (8/5/2022) membuat posisi Liverpool dalam persaingan juara Premier League 2021/22 jadi tak menguntungkan. Liverpool kini tertinggal tiga poin dari Manchester City, yang berhasil menang telak atas Newcastle United.

Banyak yang menilai kalau dengan kondisi tersebut, Liverpool akan kesulitan meraih gelar juara. Namun, masih ada yang meyakini ManCity bisa terpeleset.

Meski begitu, bukan berarti peluang Liverpool untuk jadi juara sudah pupus. Apalagi, mereka akan bersua lawan-lawan yang tidak berat.

1. Liverpool ditunggu Villa, Southampton, dan Wolves

Peluang Liverpool Juara Premier League Masih TerbukaLiverpool melawan Aston Villa (skysports.com)

Menilik tiga laga sisa yang akan dilakoni Liverpool, mereka akan bersua lawan-lawan yang tidak terlalu berat. Ada Aston Villa, Southampton, dan Wolverhampton Wanderers yang sudah menanti mereka.

Tim-tim tersebut sudah tidak lagi memiliki hal yang dikejar di sisa musim ini. Wolves sudah sulit untuk meraih satu spot di kompetisi Eropa musim depan. Southampton dan Villa pun sudah nyaman di papan tengah.

Dari sini, tampaknya Liverpool punya peluang besar memenangkan seluruh laga sisa. Akan tetapi, ManCity juga punya potensi yang sama besarnya.

Baca Juga: Klopp Bungkam Mulut Pemain Liverpool Soal Peluang Quadruple

2. ManCity juga ditunggu Wolves dan Villa

Peluang Liverpool Juara Premier League Masih TerbukaManchester City melawan Liverpool. (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

Sama seperti Liverpool, ManCity juga sudah ditunggu Wolves dan Aston Villa. Bedanya, ManCity masih ditunggu satu lawan berat lain yang berpotensi merepotkan. Mereka adalah West Ham United.

Bagaimanapun, West Ham masih punya peluang untuk mengunci satu tempat di kompetisi Eropa musim depan, terutama di Liga Europa. Alhasil, mereka setidaknya butuh hasil apik saat bersua ManCity. Ini akan jadi masalah bagi ManCity.

Belum lagi, ManCity juga akan bersua Aston Villa yang ditangani oleh eks pemain Liverpool, Steven Gerrard. Tentu, ada semangat tersendiri yang akan diusung Gerrard untuk menundukkan The Citizens, agar Liverpool bisa jadi juara musim ini.

3. Hitung-hitungan menuju juara Premier League

Peluang Liverpool Juara Premier League Masih TerbukaManchester City melawan Liverpool. (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

Dalam menentukan posisi di klasemen, Premier League masih menggunakan sistem selisih dan agresivitas gol. Baru ketika keduanya imbang, mereka menggunakan sistem head-to-head antara tim yang memiliki poin sama.

Nah, jika situasi sekarang masih berlangsung, ManCity tentu akan keluar sebagai juara. Bahkan, mereka bisa saja menjadi juara lebih cepat, andaikan Liverpool terpeleset di antara tiga laga tersebut.

Sedangkan bagi Liverpool, mereka harus berharap ManCity terpeleset, minimal meraih sekali kekalahan, agar peluang juara Premier League tetap hidup. Sisanya, mereka harus mencetak banyak gol agar tidak kalah aturan dari ManCity.

Baca Juga: Guardiola Sindir Liverpool: Baru Juara Sekali Usai 30 Tahun

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya