Perkenalkan Lamine Yamal, Talenta Berkilau dari Barcelona!

Lamine Yamal main apik bersama Blaugrana

Jakarta, IDN Times - Barcelona akhirnya memiliki lagi wonderkid yang mereka orbitkan di LaLiga 2023/24. Talenta itu bernama Lamine Yamal. Apiknya lagi, dia baru berusia 16 tahun.

Lamal sudah tampil sebanyak tiga kali bersama Barcelona musim ini di LaLiga. Dari tiga laga itu, dia memang belum mencetak gol, tetapi sudah mencetak dua assist bagi Barcelona. Semua assist ini tercipta saat laga lawan Villarreal di pekan ketiga.

Berkat torehan itu, Lamal pun sukses memecahkan rekor. Apiknya lagi, rekor yang dia pecahkan ini merupakan rekor dari mantan rekannya sendiri di Barcelona.

1. Pecahkan rekor Ansu Fati

Perkenalkan Lamine Yamal, Talenta Berkilau dari Barcelona!Ansu Fati (goal.com)

Berkat catatan dua assist ini, Lamal pun berhasil memecahkan rekor Ansu Fati. Dia menjadi pemain termuda di abad ke-21 yang sukses menorehkan assist di LaLiga. Lamal sendiri saat ini masih berusia 16 tahun 45 hari.

Sedangkan Ansu Fati, dia menorehkan catatan ini saat berusia 16 tahun 318 hari. Pemain Barcelona memecahkan rekor yang juga dicatatkan pemain Barcelona sebelumnya.

Baca Juga: Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 Tahun

2. Xavi mengakui kemampuan Yamal

Perkenalkan Lamine Yamal, Talenta Berkilau dari Barcelona!Lamine Yamal, pemain muda Barcelona. (Dok. LaLiga)

Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui bahwa Yamal memang memiliki kemampuan yang apik. Penampilan ciamiknya dalam tiga laga terakhir di LaLiga menandakan, sosok kelahiran 2007 ini memang memiliki talenta.

"Dia (Yamal) adalah pemain yang luar biasa. Dia selalu mengejutkan kami dan terus berkembang. Jangan lupa juga, dia sangat ramah dan selalu mau bekerja keras. Cerdas, dan pandai mengambil keputusan," ujar Xavi, dilansir situs resmi LaLiga.

3. Sudah bergabung di Barcelona sejak muda

Perkenalkan Lamine Yamal, Talenta Berkilau dari Barcelona!Lamine Yamal, pemain muda Barcelona. (Dok. LaLiga)

Sedari belia, Lamal memang sudah mengenyam pendidikan di Barcelona. Dia bergabung dengan akademi La Masia pada 2014, dan terus naik level musim demi musim.

Sampai akhirnya pada musim 2022/23, Lamine Yamal berkesempatan main berlatih bersama tim utama Barcelona, lalu melakukan debut pada 29 April 2023. Dia juga sudah rutin membela Timnas Spanyol, mulai dari U-15, U-16, U-17, hingga U-18.

Baca Juga: Lamine Yamal Ukir Sejarah di Barcelona, Xavi Terpukau

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya