Lamine Yamal Ukir Sejarah di Barcelona, Xavi Terpukau

Lamine Yamal jadi pemain termuda Barcelona di LaLiga

Jakarta, IDN Times - Lamine Yamal sukses mengukir sejarah baru Barcelona. Pemain jebolan La Masia itu tercatat sebagai pemain debutan Barcelona, dalam sejarah LaLiga.

Sejarah tersebut terukir saat Barcelona menggilas Real Betis dalam lanjutan LaLiga musim 2022/23, Minggu (30/4/2023) dini hari WIB. Barcelona pesta gol di Camp Nou, lewat kemenangan 4-0.

Baca Juga: Barcelona Segera Tutup Barca TV, 120 Karyawan Kena PHK

1. Yamal hanya main delapan menit dalam debutnya

Keran gol Barcelona dibuka Andreas Christensen menit 14. Permainan tuan rumah kian menggila, setelah pemain Real Betis, Edgar Gonzales diusir dari lapangan menit 33.

Barcelona memberikan respons yang bagus, setelah unggul jumlah pemain. Mereka hanya butuh enam menit, untuk mencetak dua gol tambahan lewat aksi Robert Lewandowski (36') dan Raphinha (39'). Pesta ditutup gol bunuh diri Guido Rodriguez, menit 82.

Setelah menang 4-0, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez memainkan Yamal menit 82. Situasi di atas lapangan sudah aman, demi memberikan pemain kelahiran Spanyol itu melakoni debut.

Baca Juga: 5 Pemain asal Brasil yang Dijual Barcelona dengan Harga Mahal

2. Baru 15 tahun, bisa jadi aset Barcelona?

Lamine Yamal Ukir Sejarah di Barcelona, Xavi TerpukauLamine Yamal buat sejarah di Barcelona. (Twitter/@FCBarcelona).

Pemain bernama lengkap Lamine Yamal Nasrouni Ebana itu pun sukses mengukir sejarah baru di Camp Nou. Dia tercatat sebagai pemain paling muda yang melakoni debut di Barcelona, 15 tahun 290 hari.

Opta mencatat, ada lima pemain termasuk Yamal yang mengukir debut LaLiga pada usia 15 tahun. Sebelum Yamal, ada Luka Romero (15 tahun 219 hari), Samson (15 tahun 255 hari), Pedro Irastorza (15 tahun 288 hari) dan Oscar Ramon (15 tahun 289 hari).

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi Hernandez

3. Debut Yamal buat Xavi terkesima

Lewat permainan apiknya, debut Yamal berhasil membuat Xavi terkesima di pinggir lapangan. Bahkan, pemain 15 tahun itu nyaris mencatatkan namanya di papan skor.

Yamal mendapat peluang emas menit 86. Dia memanfaatkan kesalahan Martin Montoya yang salah kontrol di kotak penalti. Namun, saat berhadapan dengan kiper, penyelesaian akhir Yamal kurang tenang.

"Yamal melakukan debutnya dengan sangat baik. Dia hampir bisa mencetak gol. Dia pemain yang spesial dan memiliki kepercayaan diri. Dia bisa menjadi pemain penting," kata Xavi selepas laga, melansir situs resmi Barcelona.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya