Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 Tahun

Lionel Messi pun tidak bisa menyamai rekornya

Sosok Lamine Yamal, pemain sayap Barcelona, kini menjadi sorotan. Hal ini terjadi setelah debutnya saat Barcelona berhadapan dengan Real Beatis pada 29 April 2023 di Stadion Spotify Camp Nou. Yamal masuk sebagai pemain pengganti Gavi pada menit ke-83.

Walaupun hanya bermain selama 7 menit, ia mampu memperlihatkan permainan apik. Bahkan, hampir saja mencetak gol andai tendangan kerasnya tidak ditepis Rui Silva, kiper Real Betis. Seperti apakah perjalanan karier sepak bola Lamine Yamal di Barcelona?

1. Lamine Yamal mulai bermain di La Masia pada usia 7 tahun

Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 TahunLamine Yamal memulai karier sepak bolanya di La Masia. (fcbarcelona.com)

Pemain dengan nama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana ini lahir di Esplugues de Llobregat, Spanyol. Ia memiliki darah Maroko yang berasal dari sang ayah, sehingga memiliki kesempatan untuk memperkuat Timnas Maroko maupun Spanyol. Bakat sepak bolanya ia tunjukkan pada usia yang masih belia.

Ia mulai bergabung ke La Masia pada usia 7 tahun, tepatnya pada 2014. La Masia adalah akademi Barcelona yang berguna untuk mendidik talenta-talenta muda. Akademi ini telah melahirkan bintang sepak bola dunia, seperti Lionel Messi, Pep Guardiola, Andres Iniesta, Xavi Hernandes, dan lainnya.

2. Kariernya menanjak dengan cepat

Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 TahunLamine Yamal saat memperkuat Barcelona. (instagram/fcbarcelona)

Setelah mengasah bakatnya di La Masia, namanya mulai mendapat perhatian tim pelatih. Walaupun lebih sering bermain sebagai pemain pengganti (supersub), ia hampir selalu berhasil mencetak gol dan menciptkan assist. Lamine Yamal pun mendapatkan lompatan karier yang cukup signifikan.

Biasanya, seorang kadet harus bermain terlebih dahulu di tim Juvenil B. Namun, ia langsung mendapatkan kesempatan bermain di tim Juvenil A (Barcelona U-19A) pada 2022. Lamine Yamal bermain sebanyak 20 kali di liga untuk Barcelona U-19A dan 15 di antaranya sebagai starter.

Ia juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi bagian skuad Barcelona U-19A di kompetisi UEFA Youth League 2022/2023. Ia bermain sebanyak 6 kali di kompetisi tingkat Eropa tersebut. Ia juga bermain di kompetisi Copa del Rey U-19 sebanyak 2 kali dan berhasil mencetak 1 gol.

Baca Juga: Lamine Yamal, Penerus Messi dan Pemecah Rekor Barcelona

3. Menjadi bagian skuad utama Barcelona dan Spanyol junior pada usia 15 tahun

Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 TahunLamine Yamal (kanan) saat memperkuat Barcelona. (instagram/fcbarcelona)

Karena penampilan apiknya bersama Barcelona U-19A, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, tertarik kepadanya. Xavi mengajaknya untuk latihan bersama tim utama Blaugrana, sebutan untuk Barcelona, pada September 2022. Ia kemudian terdaftar sebagai skuad Barcelona, tetapi belum mendapatkan kesempatan bermain.

Selain naik ke tim utama Barca, Lamine Yamal juga telah menjadi bagian tim Spanyol junior. Pada umur 15 tahun, ia bermain untuk Spanyol U-15, U-16, U-17, dan U-19. Lamine Yamal berhasil mengkoleksi 12 gol dalam 21 pertandingan bersama Spanyol.

4. Lamine Yamal mengalahkan Lionel Messi sebagai pemain termuda yang debut di LaLiga

Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 TahunLamine Yamal (kiri) saat saat melakukan debut di Barca menggantikan Gavi. (instagram/fcbarcelona)

Saat debut di pertandingan Barcelona vs Real Betis, Lamine Yamal berhasil memecahkan sebuah rekor. Ia tercatat sebagai pemain termuda Barcelona yang debut di LaLiga Spanyol. Usia Lamine Yamal saat itu adalah 15 tahun 9 bulan 16 hari.

Ia berhasil mematahkan rekor seniornya, Ansu Fati, yang menjalani debut pada usia 16 tahun 9 bulan 25 hari. Bahkan, Lionel Messi, sang legenda Barcelona pun tak mampu mengalahkan rekor Lamine Yamal. La Pulga debut bersama Barca pada usia 16 tahun.

Lamine Yamal termasuk dalam daftar lima pemain termuda yang debut di LaLiga. Berikut daftarnya:

  1. Luka Romero (Mallorca) pada usia 15 tahun 7 bulan 6 hari;
  2. Sanson (Celta Vigo) pada usia 15 tahun 8 bulan 11 hari;
  3. Pedro Irastorza (real Sociedad) pada usia 15 tahun 9 bulan 13 hari;
  4. Oscar Ramon (Real Zaragoza) pada usia 15 tahun 9 bulan 15 hari;
  5. Lamine Yamal (Barcelona) pada usia 15 tahun 9 bulan 16 hari.

Pada laga pramusim, Lamine Yamal turut bermain bersama Barcelona. Pertama, saat pertandingan antara Asenal dan Barcelona. Kedua, di Trofi Joan Gamper 2023 saat Barcelona berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Kini Lamine Yamal telah berusia 16 tahun. Menarik disimak kelanjutan karier Lamine Yamal di Barcelona.

Baca Juga: Lamine Yamal Ukir Sejarah di Barcelona, Xavi Terpukau

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya