Persib Buat Stadion Pakansari Jadi Lebih Hidup

Persib acap pakai Pakansari sebagai homebase di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Nama besar Persib Bandung sebagai sebuah klub sepak bola tidak perlu diragukan lagi. Berbekal histori yang panjang di sepak bola Indonesia, plus jadi salah satu founder PSSI, tentu semua tahu klub yang dijuluki Maung Bandung itu.

Berdasarkan data yang dihimpun Deportes & Finanzar, sepanjang 2022, Persib mencatatkan 202 juta interaksi di Instagram. Hal itu menjadikan Persib masuk jajaran tiga tim paling populer di Asia, bersama Kerala Blasters FC dan Esteghlal FC.

Data ini mencerminkan, bahwa kepopuleran Persib tidak cuma ada di Indonesia, melainkan sudah menembus level Asia. Sekadar informasi, per 4 April 2023 saja, followers Persib di Instagram sudah mencapai angka 6,5 juta.

Dengan data sedemikian rupa, tak jarang Persib memberikan pengaruh positif bagi sekelilingnya, baik itu di dalam maupun di luar lapangan. Hal itu juga yang dirasakan Stadion Pakansari, tempat Persib bermarkas untuk sementara di Liga 1 2022/23.

Berkat kehadiran mereka, Stadion Pakansari menjadi riuh. Stadion yang berlokasi di Kabupaten Bogor ini pun tidak cuma ramai hanya ketika Persikabo bermain saja.

1. Para pedagang Pakansari merasakan untung dari adanya Persib

Persib Buat Stadion Pakansari Jadi Lebih HidupSituasi Stadion Pakansari saat Persib berlaga. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lita merupakan salah satu pedagang yang rutin menjajakan dagangannya di Stadion Pakansari. Dia menjual ragam minuman macam kopi dan berbagai minuman sachetan lainnya. Nah, bagi Lita, hadirnya Persib adalah sebuah berkah.

Sebab, dengan hadirnya Persib, otomatis banyak bobotoh berbondong-bondong mendatangi Pakansari. Hadirnya ribuan bobotoh ini, yang kebanyakan berasal dari wilayah Bogor dan sekitarnya, memberi berkah baginya.

"Alhamdulillah, kang, ya ini ada peningkatan lah (kalau Persib main di sini). Rada laku ini minuman karena banyak yang beli," ujar Lita sembari mengaduk gelas kopi kala itu pada  Selasa, 4 April 2023.

Tak cuma Lita, keuntungan juga dirasakan Asep, yakni salah satu pedagang makanan di Pakansari. Hadirnya bobotoh yang menyaksikan Persib di stadion membuat pendapatannya juga meningkat drastis.

"Ya mayan kang. Ini kadang dagangan bisa habis (pas Persib main). Pokoknya mah seneng saya kalau ada Persib main di sini," ujarnya sambil tersenyum.

Baca Juga: Sejarah Persib, Tim Kebanggaan Warga Jabar yang Berusia 90 Tahun

2. Bobotoh senang dengan kehadiran Persib di Pakansari

Persib Buat Stadion Pakansari Jadi Lebih HidupDuel Persib Bandung melawan Persik yang berakhir dengan skor 0-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2022/23. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tidak cuma pedagang, bobotoh sendiri merasa senang dengan hadirnya Persib di Stadion Pakansari. Cendra, salah satu bobotoh asal Bogor, mengaku kini dia bisa menyaksikan langsung Persib dari dekat, tanpa harus jauh-jauh ke kota Bandung.

"Saya sih seneng banget pas tahu Persib mau main di Pakansari, makanya saya langsung nonton kesini tuh pas lawan PSM Makassar. Alhamdulillah seneng banget bisa nyetadion lagi. Apalagi pas itu Bobotoh di stadion rame banget," ujar Cendra.

"Walaupun gak selalu menang di sini, ya tapi seenggaknya saya bisa ngerasain suasana nonton Persib langsung, daripada harus nonton ke stadion di Bandung kan jauh, ongkosnya dobel. Intinya mah seneng pisan lihat Persib main di Pakansari," tambahnya.

Kehadiran bobotoh di Pakansari pun memang terbilang masif. Berdasarkan pantauan IDN Times setiap menyaksikan laga Persib di Pakansari, kehadiran bobotoh, yang didominasi bobotoh asal Bogor dan sekitarnya, cukup apik.

Total, rataan penonton Persib di Pakansari bisa berjumlah sekitar 1.000 hingga 5.000 penonton per laganya. Tribune timur jadi tempat favorit para bobotoh menyaksikan laga. Terkadang, tribune utara pun terisi jika memang Persib melawan tim besar.

Sontak, Pakansari ramai oleh chant-chant yang dikeluarkan bobotoh saat berlaga. Aroma kandang pun terasa, meski memang tidak semasif ketika Persib main di Si Jalak Harupat atau Gelora Bandung Lautan Api. Teror bobotoh masih terasa.

3. Meramaikan Pakansari, menggeliatkan Bogor

Persib Buat Stadion Pakansari Jadi Lebih HidupPersib bersua PSM Makassar di Stadion Pakansari. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Stadion Pakansari sejatinya bukan jadi markas bagi Persib saja musim ini. Ada beberapa tim yang bermarkas di sini, seperti RANS Nusantara FC dan tentunya Persikabo 1973. Namun, pengaruh dari hadirnya Persib begitu terasa.

Bahkan, sempat viral juga bocah cilik bernama Muhammad Vito, yang bolos sekolah dan berangkat naik angkot dari Dramaga, Bogor untuk menyaksikan langsung Persib berlaga. Dia ingin melihat Ciro Alves dan David da Silva dalam jarak dekat.

"Mau ketemu sama Ciro (Alves) dan DDS (David da Silva), ya syukur-syukur bisa dapat jersey juga dari mereka, hehehe," ujar Vito.

Hal-hal ini jadi bukti tersendiri, bahwa hadirnya Persib mampu menggeliatkan Bogor. Tanpa mengecilkan Persikabo 1973, hadirnya 'Maung Bandung' membantu menghidupkan Stadion Pakansari.

Baca Juga: Thomas Doll Minta Persija Tiru Persib, Kenapa?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya