Comscore Tracker

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Dibayangi Kutukan Laga Perdana 

Indonesia tak pernah menang sejak 2012

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021). Skuad Garuda bakal bersua dengan Kamboja di Bishan Stadium, Singapura.

Secara rekor, Indonesia sejatinya unggul atas Kamboja. Dilansir 11vs11, dari 16 pertemuan antara Indonesia dan Kamboja di semua kompetisi, skuad Garuda unggul dengan catatan 15 kemenangan dan sekali imbang. Semestinya, Indonesia tak kesulitan mengalahkan Kamboja.

Namun, Indonesia mesti waspada. Sebab, catatan mereka dalam laga perdana Piala AFF ternyata tidak terlalu baik.

1. Indonesia ditahan imbang Vietnam dan Laos

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Dibayangi Kutukan Laga Perdana Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Sejak 2012, Timnas Indonesia acap meraih hasil buruk di laga perdana Piala AFF. Di gelaran Piala AFF 2012, Indonesia bahkan ditahan imbang lawan. Bertempat di Bukit Jalil, Indonesia ditahan imbang Laos dengan skor 2-2.

Berlanjut di gelaran Piala AFF 2014, Indonesia juga gagal meraih kemenangan di laga perdana. Bersua Vietnam di My Dinh National Stadium, skuad Garuda kembali ditahan imbang 2-2. Sialnya lagi, dalam dua gelaran tersebut, Indonesia juga gagal melaju ke semifinal.

Baca Juga: Aura Positif Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

2. Indonesia juga pernah tumbang di tangan Thailand dan Singapura

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Dibayangi Kutukan Laga Perdana Timnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Berlanjut ke gelaran Piala AFF 2016, Indonesia juga gagal meraih kemenangan di laga perdana. Berhadapan dengan Thailand, skuad Garuda kalah dengan skor 2-4. Meski begitu, mereka sukses melaju ke final, sebelum akhirnya kalah lagi dari Thailand.

Terakhir, di Piala AFF 2018, Indonesia kembali meraih kekalahan di laga perdana. Bersua dengan Singapura, mereka kalah dengan skor 0-1. Jika ditotal, sejak 2014, Indonesia meraih dua hasil imbang dan dua kekalahan dari laga perdana di Piala AFF. Catatan ini harus jadi perhatian sendiri.

3. Indonesia optimistis lolos fase grup

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Dibayangi Kutukan Laga Perdana Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, percaya diri anak-anak asuhnya bisa melalui fase grup dengan mulus. Dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan, dia yakin Indonesia bisa bersaing dengan para kontestan lain di Grup B.

"Menurut saya, dalam sepak bola semua bisa terjadi. Intinya, kami akan menyiapkan diri dengan baik untuk semua laga, baik itu lawan Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia, sehingga nantinya bisa lolos ke semifinal. Saya sangat percaya diri," ujar Shin.

Perjalanan Indonesia di Piala AFF 2020 dimulai dengan melawan Kamboja pada 9 Desember. Setelah itu melawan Laos pada 12 Desember, Vietnam pada 15 Desember, dan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Baca Juga: Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget Menang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya