PPK GBK: Konser Raisa dan Blackpink Masih Dipertimbangkan

Venue Piala Dunia 2022 Qatar masih bisa gelar konser

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo berujar, pihaknya masih mempertimbangkan pelaksanaan konser Blackpink dan Raisa di Gelora Bung Karno (GBK).

Konser Raisa dan Blackpink terancam gagal terlaksana. Pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bahwa semua stadion Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan per November 2022, jadi alasannya. Namun, Rakhmadi optimistis dua konser itu bisa terlaksana.

"Itu (konser Blackpink dan Raisa) masih dipertimbangkan. Semoga semua bisa berjalan dengan baik. Nanti dalam waktu dekat ada jawabannya. Kami terus berkoordinasi dengan EO ujar Rakhmadi saat ditemui di Senayan, Selasa (8/11/2022).

1. Mengacu pada konser di Qatar

PPK GBK: Konser Raisa dan Blackpink Masih DipertimbangkanDirut PPK GBK, Rakhmadi Afif. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Optimisme Rakhmadi ini bukan tanpa sebab. Dia mengacu pada apa yang terjadi di Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022. Jelang gelaran pesta sepak bola terakbar itu, Qatar masih bisa menggelar konser berskala besar di salah satu venue Piala Dunia.

"Jika kita lihat bersama, di Qatar sendiri ada konser jelang Piala Dunia 2022. Nah hal-hal ini sudah kami sampaikan ke event organizer non-olahraga, untuk mempromosikan semangat Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia," kata Rakhmadi.

Baca Juga: Beda Persepsi Menpora dan Regulasi FIFA Soal Penutupan GBK

2. PPK GBK akan sowan ke Menpora

PPK GBK: Konser Raisa dan Blackpink Masih DipertimbangkanRapat koordinasi terkait evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan penyelenggaraan sepak bola Indonesia bersama Menpora pada Kamis (6/10/2022). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Untuk menjelaskan mengenai perawatan stadion jelang Piala Dunia U-20 2023, Rakhmadi menyebut PPK GBK akan sowan ke Kemenpora. Dia juga akan menjelaskan perihal potensi perawatan stadion setelah konser Blackpink dan Raisa.

"Kami akan sowan ke Pak Menpora, rencana besok (Rabu (9/11/2022)). Kami akan menjelaskan semuanya lebih detail, seperti apa perawatannya dan bagaimana kami menjaga lapangan agar siap untuk Piala Dunia U-20 2023," ujar Rakhmadi.

3. Blackpink tak bisa, Raisa kemungkinan bisa

PPK GBK: Konser Raisa dan Blackpink Masih DipertimbangkanChannel Youtube BLACKPINK. (youtube/BLACKPINK)

Rencananya, konser Blackpink akan dihelat pada 11-12 Maret 2023. Sementara, konser Raisa dijadwalkan pada 25 Februari 2023.

Nah, selain arahan Menpora, regulasi FIFA soal penutupan stadion Piala Dunia U-20 2023 bisa digunakan di sini.

Mengacu pada regulasi bab V, artikel 19 soal stadion Piala Dunia U-20, FIFA menyebut semua stadion yang jadi venue Piala Dunia U-20 2023 harus steril setidaknya 14 hari sebelum sepak mula. Piala Dunia U-20 2023 sendiri dijadwalkan mulai 20 Mei 2023.

Jika menghitung mundur waktu dua minggu dari tanggal 20 Mei, semua venue Piala Dunia U-20 2023 harus ditutup per 6 Mei. Dengan begini, konser Blackpink kemungkinan besar tak akan bisa digelar di GBK. Sementara konser Raisa, masih bisa terlaksana.

Baca Juga: GBK untuk Piala Dunia U-20, Bagaimana Nasib Konser BLACKPINK?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya