PSM Borong Penghargaan Individu Liga 1 2022/23

PSM sempurna musim ini

Jakarta, IDN Times - Kebahagiaan PSM Makassar makin lengkap di musim 2022/23 ini. Setelah memastikan diri keluar sebagai juara Liga 1 2022/23, beberapa sosok di dalam tim juga sukses meraih penghargaan individu.

Pengumuman para peraih penghargaan individu ini dilakukan di Stadion B. J. Habibie, Parepare, selepas laga PSM lawan Borneo FC. Laga ini sendiri dimenangi skuad berjuluk 'Juku Eja' itu dengan skor 3-0, sekaligus menutup musim apik mereka.

Siapa saja peraih gelar individu di Liga 1 2022/23 ini? Berikut kami sajikan daftarnya.

1. Wiljan Pluim jadi pemain terbaik

PSM Borong Penghargaan Individu Liga 1 2022/23Twitter @PSM_Makassar

Gelar pemain terbaik Liga 1 2022/23 jatuh kepada motor serangan PSM, Willem Jan Pluim. Sosok asal Belanda itu sukses mengungguli nama-nama lain, seperti Stefano Lilipaly (Borneo FC), Marc Klok (Persib), dan Ondrej Kudela (Persija).

Pluim memang tampil mencolok bersama PSM musim ini. Dia terlibat dalam 21 gol yang dicetak 'Juku Eja' sepanjang musim, dengan rincian 11 gol dan 10 assist. Tak jarang, dia jadi pemecah kebuntuan PSM di beberapa laga Liga 1 2022/23.

Baca Juga: Segera Diberikan ke PSM, Ini Dia Trofi Baru untuk Juara Liga 1

2. Bernardo Tavares pelatih terbaik

PSM Borong Penghargaan Individu Liga 1 2022/23Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Melengkapi gelar pemain terbaik yang digaet Pluim, pelatih PSM, Bernardo Tavares, sukses menjadi pelatih terbaik Liga 1 2022/23. Dia mengungguli nama-nama lain macam Luis Milla (Persib), Aji Santoso (Persebaya), dan Thomas Doll (Persija).

Sosok asal Portugal itu memang pandai dalam meracik strategi, terutama soal pertahanan. Dia pun membuat lini pertahanan PSM minim kebobolan di Liga 1 2022/23, dengan total kebobolan 28 gol, terbaik kedua setelah Persija (27 gol).

3. Daftar peraih gelar individu Liga 1 2022/23

PSM Borong Penghargaan Individu Liga 1 2022/23Logo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sayangnya, pemain muda PSM, Ananda Raehan, gagal meraih gelar pemain muda terbaik. Gelar ini jatuh ke tangan pemain muda Persija, Ilham Rio Fahmi, yang mengungguli Ananda, Beckham Putra (Persib), dan Fajar Fathurrahman (Borneo FC).

Sedangkan untuk topskor, jadi milik Matheus Pato dari Borneo FC. Dia mengungguli nama-nama lain macam David da Silva dan Ilija Spasojevic. Pato memang jadi tumpuan Borneo musim ini dalam mencetak gol.

Berikut daftar peraih gelar individu Liga 1 2022/23

Pemain Terbaik: Willem Jan Pluim (PSM)

Pelatih Terbaik: Bernardo Tavares (PSM)

Pemain Muda Terbaik: Ilham Rio Fahmi (Persija)

Topskorer: Matheus Pato (Borneo FC, 25 gol)

Baca Juga: Juara Bersama PSM, Ramadhan Sananta Pernah Pesimistis Tembus Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya