PSSI Capai Kesepakatan dengan Dirtek Baru, Kapan Diresmikan?

Dirtek baru akan segera tanda tangan kontrak

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berkata bahwa federasi sudah mencapai kesepakatan dengan Direktur Teknik (Dirtek) baru. Saat ini, proses perekrutan sudah masuk pada tahap negosiasi.

"Alhamdulillah, sudah ada kesepakatan (dengan dirtek baru). Tapi, belum tanda tangan ini, ya biasa negosiasi dulu, lah," ujar Erick di Menara Danareksa pada Kamis, 20 Juli 2023.

1. Peresmian akan dilakukan beberapa hari ke depan

PSSI Capai Kesepakatan dengan Dirtek Baru, Kapan Diresmikan?Ketum PSSI, Erick Thohir bersama Waketum PSSI, Zainudin Amali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick berujar, peresmian dirtek PSSI baru ini akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan atau paling lambat, awal pekan depan. Peresmian ini akan berbarengan dengan penandatanganan kontrak.

"Jadi kalau bisa, satu atau dua hari ini, atau awal pekan depan, sudah bisa tanda tangan kontrak. Nanti, tugas utamanya adalah mendampingi timnas selama empat bulan, kesepakatannya empat bulan," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Tepis Isu Joachim Loew Jadi Dirtek Baru, Terlalu Mewah

2. Kenapa kontraknya empat bulan?

PSSI Capai Kesepakatan dengan Dirtek Baru, Kapan Diresmikan?Logo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Erick berkata, ada alasan tersendiri kenapa PSSI hanya menetapkan kontrak empat bulan untuk dirtek baru ini. Dia berkata, perlu penyesuaian terlebih dahulu yang dilakukannya, sampai nantinya menemukan kecocokan.

"Karena kita ingin sama-sama mencoba dulu, karena kan kalau dirtek itu pekerjaan ke depannya tidak cuma sinkronisasi program, tetapi yang terpenting menciptakan kultur sepak bola Indonesia seperti apa," kata Erick.

3. Dirtek baru siap bentuk gaya main Indonesia

PSSI Capai Kesepakatan dengan Dirtek Baru, Kapan Diresmikan?Timnas Indonesia lawan Palestina. (Dok. PSSI)

Merujuk pada beberapa negara kenamaan di dunia, terutama yang masuk peringkat 20 besar FIFA, mereka adalah tim dengan ciri khas tersendiri. Dengan hadirnya dirtek baru ini, Erick berharap Timnas Indonesia bisa seperti itu.

"Karena kalau kita lihat top 20 negara di sepak bola itu punya pola permainan sendiri, itu yang harus kita bisa PSSI dan Timnas Indonesia temukan, tetapi tidak mudah karena butuh waktu yang lama. Itu jadi tugas dirtek baru nanti," kata Erick.

Baca Juga: PSSI akan Rekrut Dirtek Asal Jerman, Thomas Doll: Keputusan Bagus!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya