PSSI Resmi Ajukan Protes Dugaan Main Sabun Thailand Vs Vietnam

Surat protes sudah diproses PSSI

Jakarta, IDN Times - PSSI merealisasikan janjinya untuk mengambil tindakan atas dugaan main sabun antara Vietnam dan Thailand dalam laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF, Minggu (10/7/2022). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya mengajukan surat protes ke AFF paling lambat Selasa (12/7/2022).

"Saat ini, surat sedang dikonsep oleh tim legal dan Kesekjenan PSSI. Surat diusahakan hari ini selesai, dan paling telat besok. Kami akan kirim surat tersebut ke AFF," ujar Iriawan di Menara Mandiri, Senin (11/7/2022).

1. Surat akan ditembuskan ke AFC dan FIFA

PSSI Resmi Ajukan Protes Dugaan Main Sabun Thailand Vs VietnamKetum PSSI di latihan Timnas Indonesia U-19, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Tino)

Iriawan mengatakan, surat protes ini bakal ditembuskan ke AFC dan FIFA. Nantinya, bersama surat protes tersebut, bakal ada rekaman video yang disertakan oleh PSSI, sebagai bahan penilaian untuk AFF, AFC, dan FIFA.

"Pasti tembusannya ada ke AFC dan FIFA. Supaya, FIFA mengetahui juga dengan AFC. Kami kirim juga bukti rekamannya ke AFC, FIFA, dan AFF. Rekaman sudah kami  sunting dan serahkan semua 2x45 menit. Juga yang 10 menit terakhir itu," ujar Iwan Bule (sapaannya).

Baca Juga: Thailand dan Vietnam Buka Suara soal Tudingan Main Sabun

2. PSSI berharap surat protes direspons AFF

PSSI Resmi Ajukan Protes Dugaan Main Sabun Thailand Vs Vietnamfacebook.com/affsuzukicup

Iriawan berharap surat protes yang diajukan PSSI direspons AFF. Apalagi, Indonesia juga memiliki beberapa perwakilan di AFF dan AFC, yang diharapkan bisa membantu agar protes ini segera ditanggapi.

"Kami tadi telepon Sekjen AFF dan Dato Windsor (Sekjen AFC). Saya sampaikan surat ini tolong direspons oleh AFF. Kami berkomunikasi baik dengan mereka. Insya Allah surat protes ini akan segera ditindaklanjuti," ujar Iriawan.

3. Shin Tae Yong kecewa dengan Thailand dan Vietnam

PSSI Resmi Ajukan Protes Dugaan Main Sabun Thailand Vs VietnamShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong, mengaku kecewa dengan apa yang dipertontonkan Vietnam dan Thailand. Dia berpandangan, seharusnya kedua tim main adil. Dia pun yakin, Vietnam dan Thailand takut pada Timnas U-19.

"Memang harusnya dari lawan kami juga lakukan laga yang fairplay. Tetapi nyatanya tidak seperti itu. Thailand dan Vietnam ini seperti takut dengan Indonesia. Oleh karena itu, saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," ujar Shin.

Baca Juga: Vietnam vs Thailand Dicurigai Main Sabun, PSSI Dorong AFF Investigasi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya