PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke Oktober

Awalnya, laga akan dihelat pada September

Jakarta, IDN Times - PSSI bersepakat dengan Federasi Sepak Bola Taiwan (CTFA) untuk memundurkan jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023. Sesuai kesepakatan, laga akan diundur ke bulan Oktober.

"Kami telah bersepakat dengan Federasi Sepak Bola Taiwan bahwa pertandingan leg pertama bukan September diundur menjadi bulan Oktober. Hasil kesepakatan ini kami usulkan ke AFC," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021

1. Alasan PSSI dan CTFA memundurkan jadwal

PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke OktoberSkuat Timnas Indonesia. (pssi.org)

Yunus mengungkapkan, PSSI dan CTFA bersepakat untuk memundurkan jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023 karena melihat situasi pandemik COVID-19 di Indonesia dan Taiwan. Saat ini, pandemik COVID-10 di kedua negara itu tengah memanas.

"Selain itu, kami melihat proses karantina karena di Indonesia wajib karantina delapan hari dan di Taiwan 14 hari. Tentu, faktor-faktor ini harus kita perhatikan," ujar Yunus.

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

2. Belum diketahui laga akan dimainkan di mana dan kapan

PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke OktoberSekjen baru PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org)

Meski sudah sepakat laga akan dimulai Oktober, belum dijelaskan kapan dan di mana laga ini akan berlangsung. Namun, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan kemungkinan laga lawan Taiwan digelar di Qatar.

"Saya mendengar ada kemungkinan laga (Kualifikasi Piala Asia 2023 lawan Taiwan) bakal digelar di Qatar," ujar Shin kepada media Korea Selatan, "Star News".

3. Timnas Indonesia belum menggelar TC

PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke OktoberTimnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Saat ini, Timnas Indonesia sendiri belum menggelar pemusatan latihan (TC). Sejatinya, TC dijadwalkan akan dihelat pada 1 Agustus 2021 silam. Namun, hal itu urung terlaksana karena pemberlakuan PPKM Level 4 di Jawa-Bali.

Selain itu, Shin juga saat ini masih berada di Korea Selatan. Dia belum pulang ke Jakarta lantaran masih menjalani karantina, akibat berkontak dengan orang yang pasitif COVID-19. PSSI menyebut, pelatih Timnas Indonesia itu diperkirakan tiba di Jakarta pada pekan ketiga Agustus.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditinggal 3 Asisten Pelatih Shin Tae Yong

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya