Renovasi Stadion Piala Dunia U-17 2023 Tuntas 100 Persen

Venue Piala Dunia U-17 2023 rampung direnovasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan semua stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17 2023 sudah tuntas direnovasi dan disiapkan. Kini, empat stadion yang akan dipakai sudah bisa dijadikan arena tempur pesta sepak bola terbesar dunia di kelompok umur itu.

"Semua penyiapan dan renovasi stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai. Semua sudah siap dimanfaatkan," ujar Basuki dalam keterangan resmi LOC Piala Dunia U-17 2023.

1. Surabaya sudah siap gelar upacara pembukaan

Renovasi Stadion Piala Dunia U-17 2023 Tuntas 100 PersenKondisi terkini Stadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 10 November 2023. Stadion ini juga bakal jadi homebase Timnas Indonesia U-17 di penyisihan Grup A.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan Stadion GBT sudah mencapai kelayakan 100 persen untuk digelarnya Piala Dunia U-17. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surabaya, Pak Basuki (Menteri PUPR), Pemerintah Pusat, Pak Menpora (Dito Ariotedjo) dan tentu rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN dan Telkom," ucap Erick.

Baca Juga: Versi Baru Glorius Milik Weird Genius Jadi Lagu Piala Dunia U-17

2. Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 bakal meriah

Renovasi Stadion Piala Dunia U-17 2023 Tuntas 100 PersenPSSI dapat sponsor hingga Rp250 miliar. (IDN Times/Tino).

Erick juga berjanji, pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya nanti bakal berlangsung meriah. Apalagi, pihaknya sudah menggandeng Wishnutama, yang juga berpengalaman dalam menggelar upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Yang pasti, Mas Wishnutama lagi stres mempersiapkan acara pembukaan. Percaya kan dengan kualitas beliau untuk urusan satu ini? Mudah-mudahan hasilnya bagus dan membuat kita semua bangga," kata Erick.

3. Stadion mana saja yang akan menggelar Piala Dunia U-17?

Renovasi Stadion Piala Dunia U-17 2023 Tuntas 100 PersenJakarta International Stadium (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain GBT, tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 antara lain Jakarta International Stadium (JIS) (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo).

JIS akan jadi venue laga Grup C dan E, plus satu laga terakhir Grup D dan F. Sedangkan Si Jalak Harupat akan menggelar laga Grup D dan F, plus satu laga terakhir Grup C dan E.

GBT dikhususkan untuk menggelar Grup A, yang berisikan Timnas U-17. Sedangkan Manahan, akan digunakan sebagai venue Grup B. Piala Dunia U-17 2023 akan dimulai pada 10 November mendatang, dan berakhir pada 2 Desember.

Baca Juga: Erick Thohir Janji Pembukaan Piala Dunia U-17 Jadi yang Terbaik

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya