Comscore Tracker

Serie A Larang Tim Pakai Jersey Warna Hijau, Ada-ada Saja!

Mulai berlaku musim 2022/2023

Jakarta, IDN Times - Serie A resmi menerapkan aturan baru sekaligus unik untuk musim 2022/23 mendatang. Operator kompetisi sepak bola level tertinggi di Italia itu melarang tim-tim memakai jersey berwarna hijau.

Bukan aturannya yang aneh, melainkan alasan dari aturan inilah yang sedikit bikin geleng-geleng kepala. Dilansir "Football Italia", Serie A melarang tim memakai jersey warna hijau karena nantinya akan sama dengan warna rumput di lapangan. Keputusan ini pun jadi pertanyaan tersendiri.

1. Pengaruh dari perusahaan televisi

Serie A Larang Tim Pakai Jersey Warna Hijau, Ada-ada Saja!Instagram

Beberapa laporan dari media Italia menyebut pelarangan jersey warna hijau dengan alasan sama dengan warna rumput di lapangan ini adalah pengaruh dari perusahaan televisi. Selaku pemegang hak siar, mereka protes jika ada tim mengenakan jersey warna hijau ini.

Menurut mereka, jika ada tim yang mengenakan jersey warna hijau, selain sama dengan warna rumput di lapangan, hal itu juga akan terlihat buruk di televisi. Alhasil, tampilan pemain di televisi akan tercampur dengan latar belakang di televisi tersebut.

Baca Juga: Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020

2. Beberapa tim yang mengenakan jersey warna hijau

Serie A Larang Tim Pakai Jersey Warna Hijau, Ada-ada Saja!Instagram

Pada musim 2020/21 ada beberapa tim yang mengenakan jersey berwarna hijau. Jersey tandang Lazio dominan warna hijau, juga jersey edisi Natal dari Atalanta yang juga dominan warna hijau.

Akan tetapi, yang tentunya akan sangat kerepotan dengan aturan ini adalah Sassuolo. Jersey mereka dominan warna hijau dengan garis hitam, dan itu sudah menjadi warna tradisional dari jersey mereka. Dengan adanya aturan ini, tentunya Sassuolo harus mengubah warna jersey mereka.

3. Serie A beri waktu bagi klub

Serie A Larang Tim Pakai Jersey Warna Hijau, Ada-ada Saja!google

Serie A sadar bahwa perubahan warna jersey ini membutuhkan waktu. Alhasil, mereka baru akan menerapkan aturan ini pada musim 2022/23 mendatang. Mereka memberikan kesempatan satu musim kepada klub untuk memikirkan warna baru.

Tidak hanya untuk jersey, aturan baru Serie A ini juga berlaku untuk kaus kaki dan celana pemain. Jadi, nantinya jersey, kaus kaki, dan celana pemain tidak boleh berwarna hijau. Klub harus mencari warna lain, asal jangan hijau.

Baca Juga: Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie A

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya