Shin Tae Yong Dihantui Catatan Buruk Lawan Vietnam

Timnas Indonesia selalu kesulitan jika bersua Vietnam

Jakarta, IDN Times - Bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, Vietnam merupakan sebuah momok. Sejak menangani skuad Garuda pada Desember 2019, juru taktik asal Korea Selatan itu jarang mengantarkan anak asuhnya pada kemenangan.

Sialnya, di laga semifinal Piala AFF 2022, Indonesia dipastikan bersua Vietnam. Tim berjuluk 'Bintang Emas' itu lolos dari Grup B sebagai juara grup, sehingga harus berhadapan dengan Indonesia yang lolos sebagai runner-up Grup A.

Seperti apa catatan buruk Shin tersebut? Kenapa Vietnam jadi nemesis tersendiri baginya?

1. Shin hanya menang sekali lawan Vietnam

Shin Tae Yong Dihantui Catatan Buruk Lawan VietnamPiala AFF U-19, Indonesia VS Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022). Foto: IDN Times/Tata Firza.

Sejak 2021, Shin tercatat sudah lima kali bersua Vietnam dalam berbagai kelompok usia. Pertemuan perdana terjadi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ketika itu, Shin dan Timnas Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 0-4.

Setelah itu, Shin sempat bersua lagi dengan Vietnam di Piala AFF 2020, dengan hasil 0-0. Dalam pertemuan di ajang SEA Games 2021, Shin dan Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 0-3.

Berlanjut di ajang Piala AFF U-19 2022, Shin kembali gagal membawa Indonesia menang lawan Vietnam. Akhirnya, Shin membawa Indonesia menang lawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dengan skor 3-2.

Total, Shin hanya menang sekali dalam lima pertemuan lawan Vietnam. Sisanya, dia kalah dua kali dan imbang dua kali.

Baca Juga: Diprediksi Bersua Vietnam, Ini Permintaan Shin Tae Yong

2. Timnas Indonesia memang kesulitan setiap bersua Vietnam

Shin Tae Yong Dihantui Catatan Buruk Lawan VietnamBek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dalam duel kontra Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia memang kesulitan setiap kali bersua Vietnam. Total, dari 25 pertemuan, Indonesia hanya menang delapan kali. Sisanya, mereka imbang 10 kali dan kalah sebanyak tujuh kali.

Bahkan, dalam empat pertemuan terakhir di level senior, Indonesia tak pernah menang lawan Vietnam. Rinciannya, mereka kalah dua kali dan imbang dua kali saat bersua tim 'Bintang Emas'.

3. Permintaan Shin untuk laga lawan Vietnam

Shin Tae Yong Dihantui Catatan Buruk Lawan VietnamShin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Jelang pertemuan lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, ada satu permintaan yang diutarakan Shin kepada anak-anak asuhnya. Witan Sulaeman dan kolega diminta untuk memperbaiki penyelesaian akhir di depan gawang.

"Kami mendapat peluang yang baik tapi tidak bisa mencetak gol (ke gawang Filipina). Saya sangat tersinggung dan ini harus segera dievaluasi dan dimaksimalkan dengan baik agar tidak mengecewakan suporter," kata Shin.

Menjadi wajar juga Shin Tae Yong meminta hal seperti ini. Di tengah rekor buruk lawan Vietnam, terbayang sudah jika masalah finishing Timnas Indonesia ini masih muncul di laga kelak.

Baca Juga: Timnas Indonesia Harus Waspada, Shin Tae Yong Dibidik Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya