Situasi Memanas, Kolombia Gagal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

Kolombia masih bergelojak

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) akhirnya mencoret nama Kolombia sebagai tuan rumah ajang Copa America 2021. Keputusan ini diambil seiring kondisi Kolombia yang masih bergejolak akibat demo antipemerintah.

"CONMEBOL menjamin Copa America 2021 akan tetap terlaksana, dan kami akan segera menginformasikan venue laga yang baru dalam waktu dekat, yang seharusnya dihelat di Kolombia," ujar pernyataan resmi CONMEBOL.

1. Copa America 2021 awalnya menggunakan dua tuan rumah

Situasi Memanas, Kolombia Gagal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021copaamerica.com

Sebelumnya, Kolombia dan Argentina sudah didapuk oleh CONMEBOL untuk jadi tuan rumah bersama Copa America 2021. Ini jadi sejarah tersendiri sepanjang 105 tahun gelaran Copa America. CONMEBOL juga sudah menentukan format turnamen untuk 2021.

Dengan adanya dua tuan rumah, fase grup awalnya direncanakan di dua negara. Grup A yang berisikan Argentina, Bolivia, Chile, Paraguay, dan Uruguay akan diadakan di Argentina, sedangkan Grup B yang berisikan Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela akan diadakan di Kolombia.

Namun, seiring dengan dicoretnya Kolombia dari daftar tuan rumah, tradisi satu negara satu tuan rumah akan tetap bertahan. Meski begitu, CONMEBOL masih membuka peluang negara lain untuk jadi tuan rumah bersama dengan Argentina.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ini Berpotensi Melakukan Debut di Copa America 2021

2. Copa America terlaksana pada 13 Juni

Situasi Memanas, Kolombia Gagal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021instagram.com/copa_america2020

Sesuai jadwal, pelaksanaan Copa America 2021 ini akan diselenggarakan pada 13 Juni. Tanggal ini tidak berselang jauh dengan pelaksanaan Euro 2020, yakni 11 Juni. Ini seperti 2016 lalu, tatkala Copa America Centenario dan Euro juga dilaksanakan secara bersamaan.

Awalnya, Copa America ini dijadwalkan terselenggara pada 2020. Namun, akibat dari merebaknya pandemik COVID-19 pada 2020 silam, gelaran Copa America ini ditunda setahun dan berganti nama jadi Copa America 2021.

Namun, selain Kolombia, Argentina selaku tuan rumah juga tengah dihadapkan pada masalah. Meningkatnya kasus COVID-19 di negara tersebut, dengan total kasus mencapai 3,4 juta plus angka kematian mencapai 72.000, jadi problem yang mesti diperhatikan betul oleh Argentina.

3. Kolombia masih bergejolak

Situasi Memanas, Kolombia Gagal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021Demo meledak di Bogota, Kolombia pasca viralnya video penyiksaan yang dilakukan polisi pada seorang pria tak bersenjata. Instagram.com/nytimes

Bukan tanpa sebab CONMEBOL mencoret Kolombia dari daftar tuan rumah Copa America 2021. Pekan lalu, polisi dan para demonstran terlibat bentrok lagi di kota Pereira dan Barranquilla. Demo ini merupakan aksi protes terhadap pemerintahan Presiden Kolombia, Ivan Duque.

Barranquilla sendiri sebenarnya disiapkan untuk jadi venue final Copa America 2021. Kini, seiring memanasnya situasi Kolombia, beberapa laga Liga Kolombia pun dipindahkan ke negara-negara tetangga, seperti Ekuador dan Paraguay.

Baca Juga: Copa America 2020: Argentina Masuk Grup Neraka, Brasil Lebih Enteng

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya