Comscore Tracker

Skema Spanyol Makin Matang di UEFA Nations League

Timnas Spanyol menang dua laga beruntun

Jakarta, IDN Times - Skema permainan Timnas Spanyol semakin matang di UEFA Nations League 2022. Kemenangan atas Republik Ceko pada Senin (13/6/2022) dini hari di La Rosaleda jadi buktinya.

Dalam laga tersebut, Spanyol menang dengan skor 2-0. Ini jadi kemenangan kedua mereka di UEFA Nations League 2022, setelah beberapa hari sebelumnya, mereka juga sukses menumbangkan Swiss.

Kemenangan ini jadi sinyal positif, Spanyol sudah menemukan bentuk permainan yang mereka inginkan. Mereka dominan, tetapi di waktu yang sama pertahanan mereka juga terjaga.

1. Spanyol kian tajam

Skema Spanyol Makin Matang di UEFA Nations LeagueSpanyol vs Swedia. (twitter.com/SeFutbol)

Sama seperti di laga lawan Swiss, dominasi Spanyol kembali terasa di laga lawan Ceko ini. Mereka menguasai bola dengan persentase 76 persen, berbalut total 13 sepakan dan 867 umpan. Mereka menguasai aliran bola.

Namun, bedanya kali ini aliran bola mereka lebih teratur. Ada kalanya, Spanyol menekan dengan intens, tetapi terkadang mengalirkan bola untuk membuat lawan kelimpungan. Alhasil, efektivitas mereka lebih tampak di laga ini.

Tidak cuma itu, dominasi Spanyol ini juga didukung permutasi posisi pemain yang cair. Alvaro Morata memang acap jadi penyerang tunggal, tetapi rajin pula bergerak untuk memberi ruang bagi para pemain sayap.

Pun dengan para pemain sayap, macam Marco Asensio, Dani Olmo, dan Carlos Soler. Selain berani melakukan tusukan, mereka juga tak jarang berani mengeksplorasi area sepertiga akhir untuk mengacaukan pertahanan lawan.

Baca Juga: UEFA Nations League: Spanyol Akhirnya Putus Catatan Buruk

2. Pertahanan Spanyol kian kokoh

Skema Spanyol Makin Matang di UEFA Nations LeagueSpanyol vs Swedia. (twitter.com/SeFutbol)

Selain dominasi yang lebih aktif dan efektif, salah satu hal yang membuat Spanyol menjadi kuat adalah pertahanannya. Tembok pertahanan yang digalang Inigo Martinez dan Eric Garcia sudah lebih rapi ketimbang laga-laga awal UEFA Nations League 2022.

Kali ini, Garcia dan Martinez mau bekerja sama dengan beberapa pemain tengah, termasuk Koke dan Rodri. Lini tengah turut menopang pertahanan dengan memberikan intersep dan tekel apik. Alhasil, serangan lawan tersaring sejak di tengah,

Hal itu tampak di laga lawan Ceko dan Swiss. Dengan pertahanan yang rapi, mereka mampu menyaring serangan balik lawan sedari dini. Tidak cuma itu, mereka juga mampu menutup ruang-ruang kosong dengan transisi yang cepat.

3. Spanyol akan melanjutkan perjalanan lagi di UEFA Nations League

Skema Spanyol Makin Matang di UEFA Nations LeagueItalia vs Spanyol di UEFA Nations League. (ANTARA FOTO/Reuters-Marco Bertorello)

Sekarang, ada dua laga sisa yang akan dilakoni Spanyol di UEFA Nations League 2022. Ada laga lawan Swiss dan laga lawan Portugal yang akan mereka hadapi pada pertengahan Juni dan September 2022 mendatang.

Dua laga tersebut akan jadi momen bagi Spanyol untuk menguji kekuatan tim. Memang, ajang UEFA Nations League 2022 ini jadi saat yang tepat bagi semua tim untuk mencoba kekuatan yang akan diturunkan di Piala Dunia 2022 kelak.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Turut Raih Juara Liga Champions 2021/2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya