Soal Keretakan di Stadion GBLA, Ini Respons dari PT LIB

Stadion GBLA retak-retak di beberapa bagian

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, turut berkomentar mengenai retaknya beberapa bagian Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Menurutnya, pihak panitia pelaksana pertandingan sudah memeriksa kondisi tersebut.

"Tentu LOC sudah memeriksa dan saya juga sudah tanya-tanya juga. Sudah sebelumnya. Kami kan mengecek lapangan bolanya. Dan teknisnya urusan Pemda," ujar Lukita ketika dikonfirmasi, Senin (13/6/2022).

1. Ada beberapa bagian dari GBLA yang diperbaiki

Soal Keretakan di Stadion GBLA, Ini Respons dari PT LIBFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Lebih lanjut, Lukita berujar bahwa panpel lokal memang tidak menutup-nutupi mengenai retaknya Stadion GBLA. Ada beberapa bagian yang tengah diperbaiki, dan secara prinsip, panpel lokal menyebut GBLA aman untuk digunakan.

"Katanya memang ada beberapa yang sedang diperbaiki di Stadion GBLA, tetapi secara prinsip katanya aman dan saya percaya dengan pernyataan LOC," ujar Lukita.

Baca Juga: Stadion GBLA Bersolek Menyambut Piala Presiden 2022

2. Upaya pencegahan yang dilakukan panpel lokal

Soal Keretakan di Stadion GBLA, Ini Respons dari PT LIBStadion GBLA. IDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait retaknya beberapa bagian di Stadion GBLA, Lukita mengungkapkan, pihak panpel lokal sudah melakukan beberapa upaya pencegahan. Untuk menghindari hal itu, mereka tidak menggunakan tribune atas. Nanti, akan ada evaluasi dari LIB.

"Untuk menghindari hal itu, lantai atas tidak boleh dipakai jadi tribune bawah dulu. Dan izinnya baru dikasih dua pertandingan dulu nanti dievaluasi oleh LIB. Nanti dievaluasi dari tim teknis dan tim keamanan," ujar Lukita.

3. Persib memilih berkandang di GBLA dalam ajang Piala Presiden 2022

Soal Keretakan di Stadion GBLA, Ini Respons dari PT LIBDok.IDN Times/Istimewa

Untuk ajang Piala Presiden 2022 ini, Persib memang memilih untuk berkandang di Stadion GBLA, sebagai bagian dari persiapan menuju Liga 1 2022/23. Perkara keputusan ini, semua tergantung panpel lokal dari Persib.

"Soal Stadion GBLA, kan yang memutuskan itu LOC Persib. Kami kan menunjuk Persib sebagai tuan rumah dan terserah mereka main di mana. Intinya, yang menentukan itu panpel. Tapi, nanti LIB juga akan menunggu laporan dari hasil evaluasi itu," ujar Lukita.

Baca Juga: Piala Presiden, Jatah Penonton di Stadioan GBLA Hanya 15.500 Orang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya