Soal TC Timnas U-23 di Dubai, Shin Tae-yong: Belum Pasti 

Shin sebut rencana TC di Dubai memang ada

Jakarta, IDN Times - Sebuah isu mengemuka untuk Timnas U-23. Mereka berencana akan menggelar pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Menanggapi hal tersebut, pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong, menyebut itu belum pasti.

"Saya tidak bisa jawab karena belum ada keputusan pasti, apalagi sekarang sedang pandemik COVID-19 juga, jadi tidak bisa sembarangan kemana-mana. Memang ada rencana ke Dubai, tetapi itu belum pasti," ujar Shin di Stadion Madya, Rabu (10/2/2021).

1. Iwan Bule ingin Timnas U-23 mengadakan uji coba

Soal TC Timnas U-23 di Dubai, Shin Tae-yong: Belum Pasti Ketum PSSI pantau TC Timnas U-23 di Jakarta. (Website/pssi.org)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochmad Iriawan mengungkapkan,  keinginannya agar Timnas U-23 mengadakan uji coba. Ia tidak memungkiri, kondisi fisik para pemain Timnas U-23 sedikit anjlok karena ketiadaan liga. Perihal ke Dubai, ia sebut memang ada rencana ke situ.

"Kita seminggu latihan dulu sesuai rencana Shin, tetapi saya juga inginkan adanya uji coba karena itu penting. Sekarang memang fisik pemain anjlok, tetapi semoga seminggu ini meningkat," ujar Iwan Bule--sapaan akrab Iriawan--, Rabu, 10 Februari 2021.

"Sementara uji coba mungkin di dalam negeri. UEA sudah undang kita ke sana tapi akan dilihat dulu apakah bisa atau tidak. Untuk TC luar negeri, kami berencana ke Dubai setelah lebaran," lanjut dia.

Baca Juga: Daftar 36 Pemain Timnas U-22 yang Dipanggil Shin Tae-yong

2. Shin sebut para pemain Indonesia perlu tingkatkan kualitas fisik

Soal TC Timnas U-23 di Dubai, Shin Tae-yong: Belum Pasti Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Setelah satu tahun lamanya melatih para pemain Indonesia, Shin perlahan mulai mengenal karakter dan kualitas dari pemain Indonesia. Menurutnya, para pemain Indonesia sejatinya punya kualitas yang tidak kalah dibandingkan pemain-pemain Asia lainnya.

Namun, ia melihat ada satu hal yang perlu ditingkatkan pemain Indonesia, yaitu kekuatan fisik. Dengan latihan yang baik--plus kompetisi yang berjalan--ia yakin hal itu akan terlaksana.

"Kemampuan pemain Indonesia tidak kalah dengan para pemain luar. seperti Asia dan negara lainnya. Tetapi yang kurang dari pemain Indonesia adalah mental dan fisik. Jadi, agar level pemain Indonesia meningkat, mereka perlu tingkatkan itu," ujarnya.

3. Timnas U-23 jalani TC jilid kedua

Soal TC Timnas U-23 di Dubai, Shin Tae-yong: Belum Pasti Ketum PSSI pantau TC Timnas U-23 di Jakarta. (Website/pssi.org)

Mulai 9 Februari 2021, Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan kedua yang bertempat di Stadion Madya, Jakarta. Pemusatan latihan pertama sudah mereka lakoni pada akhir Desember 2020 lalu.

Pemusatan latihan ini merupakan bagian dari persiapan skuat Timnas U-23 untuk ajang SEA Games 2021. Ajang ini sendiri rencananya akan digelar di Vietnam, November 2021 mendatang.

Baca Juga: Gelar Latihan Perdana, Ini Fokus Shin Tae-yong untuk Timnas U-22

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya