Stadion Indah di Albania, Berhias Gedung Pencakar Langit

Di dalam gedung, ada hotel, museum, dan pusat perbelanjaan

Jakarta, IDN Times - Siapa bilang Albania cuma soal Danau Koman, Skanderberg Square, maupun Llogara Pass? Nyatanya Albania punya stadion sepak bola yang menarik untuk dikunjungi.

Nama stadionnya adalah Air Albania Stadium, atau biasa disebut Arena Kombetare. Stadion ini pertama kali diresmikan pada 17 November 2019 silam, dan dipakai sebagai venue laga Timnas Albania lawan Timnas Prancis.

Stadion yang berlokasi di Tirana ini sejatinya merupakan stadion lama yang direnovasi, yakni Qemal Stafa Stadium. Saat ini, Arena Kombetare dimiliki bersama oleh Federasi Sepak Bola Albania (FSHF) dan perusahaan asal Albania bernama Shoqeria Sportive Kuq e Zi Sh.A.

Kini, Arena Kombetare tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Katanya, lapangan ini jadi salah satu stadion terindah sekaligus penuh seni di Eropa.

Apa yang membuatnya seperti itu?

1. Stadion terbesar di Albania dan punya hotel

Stadion Indah di Albania, Berhias Gedung Pencakar LangitArena Kombetare. @AFClothing20

Dilansir Sport Bible, Arena Kombetare jadi stadion terbesar di Albania. Kapasitas tempat duduknya mencapai kurang lebih 22.500 orang. Stadion ini juga sering menjadi tempat Timnas Albania berlaga. Warna merah begitu mendominasi stadion ini.

Bukan cuma itu saja nilai tambah dari Arena Kombetare ini. Menempel bersama stadion, ada gedung pencakar langit setinggi 112 meter. Di dalamnya ada hotel bernama Tirana Marriott Hotel dengan 80 kamar hotel yang menghadap ke stadion.

Alhasil, para pengunjung yang menginap di hotel ini bisa menyaksikan langsung pemandangan di stadion. Jadi, ketika kehabisan tiket, pengunjung tidak perlu pusing. Mereka bisa menonton pertandingan dari dalam kamar hotel secara langsung!

Baca Juga: 18 Stadion Terbesar di Dunia, Gak Ada yang dari Indonesia Lho!

2. Memiliki museum, pusat perbelanjaan, serta tempat untuk pertemuan

Stadion Indah di Albania, Berhias Gedung Pencakar LangitArena Kombetare. @AFClothing20

Keunggulan Arena Kombetare, yakni memiliki museum dan pusat perbelanjaan. Keduanya masih terletak satu gedung bersama Tirana Marriott Hotel.

Selain hotel, museum, dan pusat perbelanjaan, beberapa lantai di gedung itu juga menjadi tempat untuk pertemuan, eksibisi, dan beberapa kegiatan lainnya. Bahkan, pemerintah Albania juga menggunakan ruang di salah satu gedung di Arena Kombetare untuk Tirana's TUMO Center.

Namun, hal itu sifatnya cuma sementara. Nantinya, Tirana's TUMO Center akan dipindahkan lagi ke lokasi asalnya, yakni di Pyramid of Tirana. Saat ini, tempat itu tengah direkonstruksi dan diperbaiki.

TUMO Center sendiri merupakan tempat belajar bagi para pemuda berusia 12-18 tahun. Di sana, mereka akan mendapatkan pelajaran ekstrakurikuler, pelajaran tambahan, terutama berkaitan dengan desain dan teknologi.

3. Mengundang pujian Presiden UEFA

Stadion Indah di Albania, Berhias Gedung Pencakar LangitPresiden FIFA, Aleksander Ceferin. (uefa.com).

Selain mengundang perhatian publik di media sosial, renovasi dari federasi Albania terhadap Arena Kombetare ini juga menarik perhatian otoritas sepak bola Eropa. Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin, memuji kemegahan Arena Kombetare.

"Agar sepak bola tetap menjadi olahraga yang populer dan tetap menarik minta kaum muda, penting agar suporter dapat menyaksikan pertandingan di stadion dengan aman dan nyaman," ujar Ceferin, dilansir situs resmi UEFA.

"Air Albania Stadium (Arena Kombetare) adalah stadion dengan nuansa seni yang apik. Saya ingin ucapkan selamat untuk Asosiasi Sepak Bola Albania dan semua pihak yang terlibat atas rampungnya pembangunan stadion ini."

"Albania memang mengalami kemajuan pesat baik itu di dalam maupun di luar lapangan, dalam hal pengembangan sepak bola. Sekarang, para pemuda di seluruh negeri dapat bermimpi mewakili Timnas Albania dan bermain di stadion megah ini," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Stadion di Dunia yang Menggunakan Teknologi Super Canggih

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya