Comscore Tracker

Stadion Manahan Bakal Jadi Tempat Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1

Stadion Manahan sudah pakai sistem penomoran kursi

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menyebut uji coba kehadiran penonton di Liga 2021/22 akan dihelat pada Desember 2021. Stadion Manahan jadi venue digelarnya uji coba kehadiran penonton ini.

"Kalau memang diterapkan pada seri ketiga, maka yang digunakan adalah Stadion Manahan. Alasannya, karena Manahan adalah satu-satunya stadion di kawasan itu (Jawa Tengah dan Yogyakarta) yang menggunakan penomoran kursi," tutur Akhmad kepada para wartawan.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Uji Coba Liga 1 2021/22 dengan Penonton

1. Akan ada 100-200 penonton yang hadir di stadion

Stadion Manahan Bakal Jadi Tempat Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1Instagram/@infokomjakmania

Akhmad mengungkapkan, nantinya akan ada 100-200 penonton yang hadir dalam masa uji coba. Mereka yang hadir ini terdiri dari berbagai elemen, seperti pemerintah, sponsor, perwakilan Asosiasi Provinsi/Kabupaten/Kota PSSI, dan tentunya suporter itu sendiri.

"Para undangan itu bukan sekadar menyaksikan pertandingan, tetapi juga mensosialisasikan soal alur tiket, tempat duduk, dan skenario lain. Jadi, kami ingin mereka menjadi agen dalam kampanye kami soal ini," ujar Akhmad.

Baca Juga: Wasit Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

2. LIB terus bersiap jelang uji coba ini

Stadion Manahan Bakal Jadi Tempat Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1Logo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Akhmad juga menyebut, LIB terus bersiap jelang uji coba kehadiran penonton ini. Beberapa hal seperti sistem informasi, begitu juga risiko-risiko terkait pertandingan apa yang bisa dihadiri penonton, terus digodok oleh LIB. Nantinya, LIB juga bakal berkoordinasi dengan pemerintah.

"Kami akan rakor (rapat koordinasi) dengan pihak-pihak terkait," ujar Akhmad.

3. Pemerintah beri lampu hijau Liga 1 dengan penonton

Stadion Manahan Bakal Jadi Tempat Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1Instagram/@bobotohsaindonesia

Pemerintah memberikan lampu hijau bagi PSSI selaku federasi dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar uji coba pertandingan di kompetisi Liga 1 dengan suporter. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021.

Inmendagri itu juga menjabarkan, uji coba kehadiran penonton di Liga 1 2021/22 ini harus memenuhi beberapa ketentuan. Uji coba akan digelar dalam satu pertandingan setiap pekannya, dengan jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion, atau maksimal 5 ribu orang.

Baca Juga: Liga 1 2021, Ridwan Kamil: Kalau Ada Penonton Prokes Harus Kuat

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya