Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar Biasa

Yann Sommer jadi bintang Swiss di Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Swiss memang menderita kekalahan dari Spanyol di babak perempat final Piala Eropa 2020. Namun, ada satu nama yang patut diperhatikan betul-betul selepas laga itu. Dia adalah Yann Sommer.

Setelah menorehkan keajaiban di babak 16 besar, Swiss harus rela tersungkur di babak perempat final Piala Eropa 2020. Mereka tumbang di tangan Spanyol lewat babak adu penalti yang berkesudahan 1-3 untuk keunggulan Spanyol.

Kekalahan ini pun memupus harapan Swiss untuk melaju ke semifinal. Namun, dari kekalahan ini juga, muncul satu nama yang bisa dianggap pahlawan dari kubu Swiss. Dia adalah Yann Sommer. Seperti apa penampilannya di laga ini?

1. Sommer torehkan banyak penyelamatan apik

Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar Biasafussball.ch

Tidak bisa dimungkiri, Spanyol tampil dominan atas Swiss di laga ini. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa, plus mendikte permainan sehingga mampu menciptakan banyak peluang.

Namun, dari semua peluang yang Spanyol ciptakan, hanya satu yang berbuah gol di waktu normal hingga babak perpanjangan waktu. Kenapa mereka bisa sebegini buntunya menghadapi Swiss? Jawabannya ada pada performa Sommer.

Penjaga gawang yang kini membela Borussia Moenchengladbach tersebut tamp sangat spartan di laga ini. Ia mampu mementahkan banyak peluang dari Spanyol. Squawka mencatat, Sommer menorehkan 10 penyelamatan.

Penyelamatannya ini jadi yang terbanyak sejauh ini dalam satu gelaran laga Piala Eropa 2020. Jika tidak ada Sommer, mungkin Swiss tidak akan mampu menahan Spanyol hingga babak adu penalti.

Baca Juga: [BREAKING] Tekuk Swiss Lewat Adu Penalti, Spanyol ke Semifinal 

2. Sommer andalan Swiss di Piala Eropa 2020

Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar Biasainstagram.com/borussia

Secara keseluruhan, Sommer memang jadi andalan Swiss di bawah mistar sepanjang gelaran Piala Eropa 2020. Dia hampir tidak tergantikan sejak babak grup hingga babak perempat final ini.

Total, Sommer sudah mencatatkan 21 penyelamatan sejauh ini di Piala Eropa 2020. Catatannya ini jadi yang terbanyak di antara kiper-kiper lain yang mentas di ajang yang sama.

Tidak cuma itu, 16 dari 21 penyelamatannya ini merupakan penyelamatan yang dilakukan dari peluang di dalam kotak penalti. Catatan ini menunjukkan kekuatan refleks serta respons yang baik dari Sommer sepanjang Piala Eropa 2020 ini.

3. Potensi Sommer pindah klub

Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar BiasaPrancis vs Swiss. (twitter.com/EURO2020)

Dengan penampilannya yang apik di Piala Eropa 2020 ini, Moenchengladbach selaku klub pemilik Sommer saat ini tentu harus waspada. Pasalnya, bukan tidak mungkin penampilan Sommer ini akan memikat klub lain.

Moenchengladbach harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan Yann Sommer ini. Kendati Swiss gagal melenggang ke semifinal Piala Eropa 2020, penampilannya yang cemerlang ini sukses menjadikan Sommer sebagai salah satu pemain menonjol di ajang tersebut.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Swiss Tanpa Beban, Kekuatan Spanyol Merata 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya