Comscore Tracker

Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super Eropa

Gelar ini jadi spesial buat Chelsea

Jakarta, IDN Times - Chelsea berhasil meraih gelar Piala Super Eropa 2021. Bersua Villarreal di Windsor Park, Belfast, Kamis (12/8/2021) dini hari, 'Si Biru' menang lewat babak adu penalti dengan skor 6-5, setelah bermain imbang 1-1 sepanjang babak normal dan perpanjangan waktu.

Keberhasilan Chelsea meraih gelar Piala Super Eropa ini menebus kegagalan mereka pada tiga gelaran sebelumnya. Pada 2012, 2013 dan 2019, Chelsea urung menggamit trofi Piala Super Eropa usai dibekuk Atletico Madrid, Bayern Muenchen, dan Liverpool.

Dari kesuksesan Chelsea menggamit trofi Piala Super Eropa ini, ada beberapa fakta unik yang menyeruak ke permukaan. Berikut "IDN Times" menyajikannya untuk kamu.

1. Trofi Piala Super Eropa kedua Chelsea

Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super EropaChelsea vs Villarreal. (twitter.com/ChampionsLeague)

Gelar Piala Super Eropa yang diraih Chelsea pada 2021 ini nyatanya bukan yang pertama. Ini jadi gelar Piala Super Eropa kedua yang sukses mereka raih. Sebelumnya, pada 1998, 'Si Biru' juga berhasil mengunci trofi serupa.

Saat itu, Chelsea menundukkan Real Madrid dengan skor 1-0. Chelsea yang diperkuat Roberto Di Matteo, Gianfranco Zola, Graeme Le Saux, Dennis Wise, dan Frank Leboeuf, berhasil mengalahkan Madrid yang berisikan Roberto Carlos, Predrag Mijatovic, Bodo Illigner, serta Raul.

Baca Juga: Tekuk Villarreal, Chelsea Juara Piala Super Eropa 2021

2. Piala Super Eropa didominasi peraih gelar Liga Champions

Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super EropaChelsea vs Villarreal. (twitter.com/ChampionsLeague)

Berkat keberhasilan Chelsea meraih trofi Piala Super Eropa 2021, dominasi baru tercipta. Dalam gelaran Piala Super Eropa sembilan tahun terakhir, pemenangnya selalu berasal dari peraih gelar Liga Champions.

Dalam sembilan tahun terakhir itu, hanya sekali saja peraih gelar Liga Europa sukses meraih trofi Piala Super Eropa. Itu terjadi pada 2018 silam, ketika Atletico Madrid mengalahkan Real Madrid di Le Coq Arena, Estonia, dengan skor 4-2.

3. Catatan apik buat Thomas Tuchel

Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super EropaThomas Tuchel (straitstimes.com)

Kesuksesan Chelsea meraih trofi Piala Super Eropa juga jadi catatan apik bagi Thomas Tuchel. Dia berhasil mempertahankan tradisi manajer Jerman yang mengunci gelar Piala Super Eropa, setelah Juergen Klopp pada 2019 dan Hansi Flick pada 2020.

Tidak hanya itu, Tuchel juga jadi manajer Chelsea pertama sepanjang sejarah klub yang berhasil meraih trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa. Ciamiknya lagi, masa kerja Tuchel di Chelsea sekarang belum mencapai satu musim.

Baca Juga: Romelu Lukaku dalam Bayangan Hitam Chelsea

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya