Timnas Indonesia Sekarang Sebaiknya Jangan Diganggu

Jangan ada bongkar pasang yang aneh-aneh lagi

Jakarta, IDN Times - Mantan pemain Timnas Indonesia, Rully Nere, meminta kepada PSSI untuk mempertahankan skuad yang mentas di ajang Piala AFF 2020. Menurutnya, meski kalah di final leg 1 dari Thailand, skuad ini punya potensi.

"Skuad ini harus dipertahankan karena ini pemain masih muda, dan pelatih juga jangan diganti lagi. Karena di Piala AFF ini, dengan skuad muda, kita sanggup sampai ke final," ujar Rully.

1. Thailand lebih matang

Timnas Indonesia Sekarang Sebaiknya Jangan DigangguThailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Terkait kekalahan Indonesia di final leg 1 Piala AFF 2020 ini, Rully memang sudah memprediksi Thailand akan unggul. Sebab, dia melihat Thailand mampu bermain lebih matang dan cerdas di final.

"Kalau melihat permainan, memang kualitasnya sudahlah ya, bisa dilihat sendiri, karena mereka mainnya matang, dewasa," ujar Rully.

Baca Juga: Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas Indonesia

2. Mental dan kebugaran harus dibenahi Indonesia

Timnas Indonesia Sekarang Sebaiknya Jangan DigangguDuel Timnas Indonesia versus Thailand di final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Selain masalah kedewasaan skuad, Rully juga melihat masalah mental masih menjadi masalah Timnas Indonesia. Selain mental, masalah kebugaran juga harus jadi perhatian. Fokus yang hilang, disebabkan oleh kebugaran menurun.

"Ya kalau misal buat perbaiki lagi ya tinggal kebugarannya. Karena dengan kebugaran mereka pasti akan bisa mengambil keputusan. Kalau mereka tidak bugar, ini yang jadi masalah," tutur Rully.

3. PSSI harus menyiapkan tim ini untuk masa depan

Timnas Indonesia Sekarang Sebaiknya Jangan DigangguAksi bek Timnas Indonesia, Alfreanda Dewangga di laga kontra Thailand dalam final Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Memang, kesempatan Indonesia untuk mengejar Thailand di final leg 2 Piala AFF 2020 sangat tipis, Mereka harus mencetak lima gol, agar setidaknya bisa menang dan merengkuh trofi Piala AFF.

Akan tetapi, bola itu akan terus bergulir. Rully mengungkapkan, boleh Indonesia kalah saat ini, tetapi PSSI harus mempersiapkan skuad ini untuk masa depan. Jangan melakukan bongkar pasang yang aneh-aneh lagi.

"PSSI harus mempersiapkan Timnas Indonesia ini untuk masa depan. Mereka ini harus dipertahankan, pelatihnya juga harus dipertahankan karena dia membentuk karakter ini kan juga tidak sembarangan," ujar Rully Nere.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Susah Bikin Keajaiban Buat Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya