Wildan Ramdhani, Zaenal Arief Selanjutnya di Persita

Wildan sukses jadi bagian penting lini depan Persita

Jakarta, IDN Times - Dahulu, Persita Tangerang pernah memiliki penyerang tangguh yang berasal dari Tanah Pasundan. Dia adalah Zaenal Arief. Kini, jejak dari pemain yang karib disapa Abo itu tengah dirintis kembali oleh Wildan Ramdhani.

Zaenal Arief pernah menjadi idola masyarakat Tangerang pada masanya. Membela tim berjuluk 'Pendekar Cisadane' itu sejak 2000 hingga 2005, Abo sukses membukukan banyak gol dan membawa Persita berprestasi di Liga Indonesia.

Sekarang, Wildan tengah menapaki jejak seniornya itu di Persita. Sebagai pemain yang sama-sama berasal dari Tanah Pasundan, perjalanan Wildan dan Abo ini bagaikan pinang dibelah dua. Mirip, sekaligus penuh motivasi.

1. Abo pernah terpinggirkan di Persib, dan cemerlang di Persita

Wildan Ramdhani, Zaenal Arief Selanjutnya di PersitaZaenal Arief (instagram.com/zaenalarief96)

Sebelum membela Persita, Abo sejatinya pernah membela Persib Bandung. Pada tahun 1998 hingga 2000, pemain asal Cikajang, Garut ini sempat mencicipi atmosfer membela Persib. Sayang, dia jarang mendapatkan menit bermain.

Alhasil, pada tahun 2000, Abo mencoba peruntungan ke Tangerang dengan membela Persita. Benny Dollo yang kala itu tengah membesut Persita senang dengan Abo, dan merekrutnya. Dia juga mendatangkan Firman Utina dan Ilham Jayakesuma ke Persita.

Hasilnya ciamik. Selama lima musim membela Persita, Abo tumbuh jadi penyerang hebat. Duetnya dengan Ilham jadi salah satu duo mematikan di Liga Indonesia kala itu. Penampilan apik Abo ini sukses membawanya ke Timnas Indonesia.

Selepas bersinar di Persita, barulah Abo pulang lagi ke Persib. Tidak lama di Bandung, Abo pun berkelana hingga akhirnya mengakhiri karier di Persepam Madura United.

Baca Juga: Launching Tim, Persita Tingkatkan Target di Liga 1 2022-2023

2. Wildan juga pernah membela Persib

Wildan Ramdhani, Zaenal Arief Selanjutnya di PersitaWildan Ramdhani, penyerang baru Persita Tangerang. (Dok. Persita)

Sama seperti Abo, Wildan juga identik dengan Persib. Dia adalah produk binaan Akademi Persib, sama seperti Beckham Putra Nugraha. Namun, ketika Beckham mulai mendapatkan tempat di Persib, lain hal dengan Wildan.

Sempat debut bersama Persib pada 2018, Wildan kesulitan mendapatkan jam terbang. Dia bahkan pernah dipinjamkan ke Bandung United pada 2019, tetapi hal itu juga urung memperbaiki performanya. Alhasil, Wildan memilih pergi.

Di musim 2022/23, Persita datang memberikan tawaran untuk bergabung. Wildan pun diangkut ke Tangerang, dan sekarang, dia sukses menunjukkan performa ciamik bersama 'Pendekar Cisadane'.

Total, Wildan sudah mengemas empat gol dari lima laga di ajang Liga 1 2022/23. Penampilan apiknya ini pun sukses membawa Persita bertengger di papan atas klasemen sementara liga, mengungguli Persija, Persikabo, hingga Persebaya.

Wildan mulai jadi bahan pembicaraan, sama seperti ketika Abo yang sukses menggebrak di Persita pada awal 2000-an.

3. Wildan yang masih bisa berkembang lagi

Wildan Ramdhani, Zaenal Arief Selanjutnya di PersitaPersita kalahkan Persik 2-0 dalam laga perdana Liga 1 2022-2023, Senin (25/7/2022). (dok.Persita)

Ketika membela Persita, Abo sukses mengembangkan kemampuannya sebagai penyerang. Abo menjelma jadi salah satu penyerang tajam Indonesia di awal 2000-an. Dia bahkan sempat mengecap penampilan di Timnas Indonesia.

Sekarang, Wildan Ramdhani memiliki kesempatan yang sama. Persita bisa jadi tempatnya belajar menempa diri, setelah kegagalan di Persib. Malah, jika konsisten, dia bisa seperti Zaenal Arief ke depannya, mengecap bangku Timnas Indonesia.

Baca Juga: Target Jangka Panjang Persita: Siap Orbitkan Pemain Berkualitas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya