2 Striker Tumpul Jadi Biang Kerok Kekalahan Jerman

Banyak peluang, tapi Jerman tak bisa manfaatkan

Jakarta, IDN Times - Kekalahan Jerman dari Inggris di Wembley Stadium, Rabu dini hari WIB (30/6/2021), tak terlepas dari dua strikernya yang tumpul, Thomas Mueller dan Timo Werner. Karena keduanya, Jerman gagal menang atas Inggris.

Sejatinya, Jerman mampu main agresif di Wembley Stadium. Sejak babak pertama, Der Panzer berhasil membuat Inggris tertekan.

Sederet peluang emas mereka dapatkan di babak pertama. Paling bagus ketika Timo Werner berhadapan langsung dengan kiper Inggris, Jordan Pickford.

Namun, Pickford dengan sempurna memblok sepakan Werner yang keras dari jarak dekat.

Mueller lebih parah. Ketika Raheem Sterling melakukan kesalahan, dia mendapat bola gratis dan berhadapan langsung dengan Pickford.

Tanpa ragu, Mueller melepaskan tembakan mendatar ke kanan gawang. Saat itu, ada harapan Jerman bisa menyamakan skor. Tapi, bola hasil eksekusi Mueller malah melebar.

Baca Juga: Jerman Tersingkir, Penghuni Grup Neraka Piala Eropa Babak Belur!

1. Sesalkan tumpulnya dua striker

2 Striker Tumpul Jadi Biang Kerok Kekalahan JermanManajer Inggris, Gareth Southgate (kanan), bersama Joachim Loew / Sky Sports

Pelatih Jerman, Joachim Loew, mengakui kalau memang kesialan Mueller dan Werner berpengaruh akan hasil yang diterima tim asuhannya. Karena keduanya gagal mengonversi peluang jadi gol, Inggris menggila.

Mereka pada akhirnya, disebut Loew, memiliki keyakinan diri hingga mampu mencetak dua gol.

"Dalam laga seperti ini, sangat penting memanfaatkan peluang yang didapatkan dengan baik. Timo Werner dan Thomas Mueller punya banyak kesempatan, sialnya tak bisa dimanfaatkan. Rasanya begitu menyakitkan hingga kami harus tersingkir," ujar Loew dilansir situs resmi UEFA.

2. Skema Jerman mati

2 Striker Tumpul Jadi Biang Kerok Kekalahan Jermantwitter/DFB_Team_EN

Kiper Jerman, Manuel Neuer, sepakat dengan Loew. Namun, Neuer punya pendapat lain mengapa Mueller dan Werner tak mampu cetak gol.

Menurutnya, skema bola panjang yang diterapkan Jerman tak berjalan dengan baik. Umpan silangnya juga selalu dipatahkan Inggris.

"Kami punya kesempatan besar. Tapi, striker kami kesulitan menerima skema bola panjang yang diterapkan. Umpan diagonal juga tak bekerja dengan baik, jadi Inggris sama sekali tak terluka," kata Loew.

3. Aksi Sterling dan Kane lambungkan Inggris

2 Striker Tumpul Jadi Biang Kerok Kekalahan JermanStriker Inggris, Harry Kane, usai jebol gawang Jerman / Sky Sports

Inggris ke perempat final setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-0. Dwigol kemenangan The Three Lions dicetak oleh Sterling dan tandukan Harry Kane.

Kemenangan itu jadi yang pertama buat Inggris atas Jerman di turnamen mayor sejak 55 tahun terakhir. Ini juga jadi kemenangan pertama Inggris di fase gugur Piala Eropa sejak 2004.

Baca Juga: Ganasnya 2 Predator Inggris Saat Terkam Jerman

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya