3 Fakta Menarik Ilkay Guendogan, Rekrutan Baru Barcelona

Guendogan punya kisah yang memilukan

Jakarta, IDN Times - Barcelona bak mendapat durian runtuh. Mereka baru saja berhasil mengikat jasa eks gelandang produktif Manchester City, Ilkay Guendogan, dan diumumkan secara resmi pada Senin (26/6/2023).

Guendogan memang rekrutan yang berharga buat Barcelona. Kualitasnya di atas rata-rata dan terbukti dari kontribusinya buat Manchester City selama tujuh tahun terakhir.

Berbagai gelar sudah diberikan Guendogan buat ManCity, termasuk treble winners di musim lalu dengan meraih trofi Liga Champions, Premier League, serta Piala FA. Diharapkan, gelandang 32 tahun itu bisa memberikan dampak positif buat Barcelona di musim depan.

Tapi, sebelum menikmati aksi Guendogan di musim depan, ada baiknya kita simak tiga fakta menariknya seperti dilansir LaLiga Content Hub.

1. Dipecat saat masih delapan tahun

3 Fakta Menarik Ilkay Guendogan, Rekrutan Baru BarcelonaIlkay Guendogan bermain bersama Manchester City. (twitter.com/IlkayGuendogan)

Karier Guendogan sebenarnya tak mulus-mulus amat. Ketika menimba ilmu di akademi Schalke 04, dia sempat menelan pil pahit.

Saat usianya masih delapan tahun, dia mengalami masalah pada engkelnya. Akibat masalah itu, kaki Guendogan harus diperban. Dia juga susah jalan.

Berbagai upaya dilakukan Guendogan agar bisa sembuh. Tapi, pada akhirnya Guendogan diminta dokter untuk berhenti main bola.

"Saya masih delapan tahun dan sadar ketika itu bagaimana bisnis ini begitu brutal. Saya seorang bocah dari Gelsenkirchen yang sangat bangga karena mampu meraih mimpi mengenakan seragam kebanggaan Schalke 04. Tapi, Schalke memecat saya. Rasanya, mereka menarik kerah baju dan mendorong saya keluar," ujar Guendogan dilansir The Player's Tribune.

Manajemen Schalke 04 memanggil Guendogan kembali tiga tahun berselang. Karena sudah sakit hati, pada akhirnya Guendogan menolak ajakan tersebut.

"Orang tua memahami perasaan saya. Mimpi saya sudah hancur karena Schalke yang lebih dulu merusaknya," kata Guendogan.

Baca Juga: Barcelona Akhirnya Umumkan Kedatangan Ilkay Guendogan

2. Main di bawah arahan idola

3 Fakta Menarik Ilkay Guendogan, Rekrutan Baru BarcelonaXavi Hernandez berlatih bersama Barcelona (dok.LaLiga)

Gabung ke Barcelona sebenarnya merupakan berkah bagi Guendogan. Sebab, dia akhirnya bisa main di bawah arahan idolanya, Xavi Hernandez.

Ketika mengembangkan kariernya sebagai pemain profesional untuk VfL Bochum II, Guendogan selalu menjadikan Xavi sebagai panutan. Gaya main serta kecerdasan Xavi benar-benar membuatnya kagum dan berniat untuk menirunya.

"Saya mengagumi Xavi. Dia selalu menjadi panutan saya, dan selalu mencontohnya. Dia merupakan master. Saya menikmati bagaimana caranya main buat Barcelona," kata Guendogan dilansir Marca.

Baca Juga: Messi Dorong Mbappe Cabut dari PSG, Pilih Madrid atau Barcelona

3. Reuni dengan Lewandowski

3 Fakta Menarik Ilkay Guendogan, Rekrutan Baru BarcelonaRobert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Selain main dengan idolanya, Guendogan juga akan reuni bersama mantan rekannya di Borussia Dortmund, Robert Lewandowski. Keduanya sudah terpisah cukup lama.

Setidaknya, sejak 2013 mereka terpisah. Padahal, pada medio 2011 hingga 2013, kolaborasi Guendogan bersama Lewandowski sangat mematikan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya