Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Sambut para bintang baru yang lahir

Jakarta, IDN Times - Era emas dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tampaknya sudah berakhir. Kedua megabintang absen untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir dalam perempat final Liga Champions.

Barcelona dan Juventus, tim yang mereka bela, tersingkir dari Liga Champions secara mengenaskan. Juventus disingkirkan FC Porto, sedangkan Barcelona didepak Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Biang Kerok Juventus Tersingkir di Liga Champions

1. Pertama kali dalam 16 tahun keduanya menghilang

Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldohypebeast.com

Fenomena Messi dan Ronaldo absen di perempat final layaknya pertanda, kalau sudah berganti era.

Untuk kali pertama, keduanya tak bermain di perempat final. Performa mereka juga tak terlalu meyakinkan di Liga Champions musim ini.

Messi dan Ronaldo terakhir kali tak terlibat dalam perempat final Liga Champions adalah pada musim 2004/05. Saat itu, Ronaldo masih jadi pemain muda yang tengah berkembang di Manchester United.

Sedangkan, Messi masih meniti karier di tim junior dan belum promosi ke profesional.

2. Sempat buka dahaga

Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano RonaldoPemain Juventus Cristiano Ronaldo merayakan gol saat melawan Inter Milan dalam laga semifinal leg pertama Coppa Italia di San Siro, Milan, Italia, Selasa (2/2/2021). Juve berhasil menang 2-1 dalam laga itu (ANTARA FOTO/REUTERS/Alessandro Garofalo)

Keduanya sempat membuka dahaga publik akan persaingan klasik pada fase grup Liga Champions musim ini. Yakni, saat Barcelona menjamu Juventus di Camp Nou, 8 Desember 2020 lalu.

Saat itu, Barcelona harus menelan pil pahit karena dipermak Juventus, 0-3. Ronaldo mampu mengungguli Messi karena cetak gol dua kali lewat titik putih.

3. Kontrak Messi dan Ronaldo menggantung

Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldotwitter/championsleague

Masa depan Messi dan Ronaldo di Barcelona dan Juventus juga sedang menggantung. Belum diketahui, apakah keduanya masih bertahan bersama klub masing-masing di musim depan atau tidak.

Sampai sekarang, Messi masih belum jelas apakah mau perpanjang kontrak atau tidak. Sementara, kontrak CR7 yang masih berlaku sampai 2022, kemungkinan bisa diakhirinya lebih cepat karena ada rencana buat cabut ke klub lain macam Paris Saint-Germain.

4. Sambut bintang baru

Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano RonaldoPemain Paris St Germain Kylian Mbappe berbincang dengan pemain Barcelona Lionel Messi usai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis (10/3/2021). Meski PSG hanya bermain imbang 1-1 lawan Barcelona pada laga leg kedua, PSG unggul agregat skor 4-1 berkat kemenangan pada leg pertama sehingga berhasil menyingkirkan Barcelona dan berhasil maju ke perempatfinal Liga Champions. ANTARA FOTO/REUTERS / Gonzalo Fuentes

Sekarang, waktunya era baru. Beberapa bintang muda benar-benar tampil ganas di Liga Champions musim ini. Lihat saja bagaimana keganasan Erling Braut Haaland jadi inspirasi bagi Borussia Dortmund.

Lalu, Kylian Mbappe semakin matang dan mampu membuat tim sekelas Barcelona keteteran melawannya, meski tak didampingi Neymar.  Federico Chiesa juga lebih moncer ketimbang Ronaldo di Juventus.

Masih ada lagi beberapa nama legiun muda yang bisa saja meledak dan memanaskan persaingan di Liga Champions. Bisa dibilang, Messi dan Ronaldo kini sudah harus lengser dari tahta masing-masing.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Barcelona Tersingkir, Liverpool Ganas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya