Comscore Tracker

Arema FC Terancam Sanksi Terusir dari Kanjuruhan Imbas Ricuh

Sebanyak 127 orang tewas akibat rusuh di Kanjuruhan

Jakarta, IDN Times - Arema FC terancam sanksi berat dari PSSI. Ketua Komisi Disiplin PSSI, Erwin Tobing, menyatakan sanksi berat bisa saja dijatuhkan kepada Arema.

Erwin mengungkapkan, Arema bisa dijatuhkan sanksi terusir dari Kanjuruhan selama satu musim. Sanksi itu, menurut Erwin, bisa saja dijatuhkan, sambil menanti hasil investigasi resmi dari pihak Komdis terkait kericuhan yang terjadi usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).

"Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, kami segera menyidangkan kasus ini. Arema bisa saja tak diperkenankan jadi tuan rumah di kompetisi selama semusim. Sanksi lain bisa saja menanti," ujar Erwin dalam pernyataan resminya, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Kronologi Kerusuhan Kanjuruhan yang Tewaskan 127 Orang

1. Langsung terjun ke Malang

Arema FC Terancam Sanksi Terusir dari Kanjuruhan Imbas RicuhKerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang usai pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Demi gerak cepat, Erwin bersama tim Komdis lainnya langsung menuju ke Malang untuk menginvestigasi kejadian sebenarnya. Itu dilakukan agar mendapatkan gambaran utuh terkait hukuman buat Arema.

"Kami juga mendukung aparat kepolisian menindaklanjuti insiden ini," tegas Erwin.

2. PSSI tunggu hasil investigasi Komdis

Arema FC Terancam Sanksi Terusir dari Kanjuruhan Imbas RicuhLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, juga masih menunggu investigasi dari pihak kepolisian atas insiden yang menewaskan 127 orang ini. Dia memastikan, pihaknya akan ambil sikap tegas dan tak pandang bulu atas insiden yang terjadi.

"PSSI sangat mengecam kerusuhan ini. Tapi tak bisa menyimpulkan apa-apa," ujar Yunus.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan kalau Arema sebenarnya sudah dijatuhi sanksi diusir dari Kanjuruhan selama semusim. 

"Arema FC tak bisa menggelar laga di Kanjuruhan selama satu musim," kata Iwan Bule (sapaannya).

Baca Juga: Liga 1 Dihentikan Sepekan Imbas Tragedi Berdarah di Kanjuruhan

3. Liga 1 dihentikan sejenak

Arema FC Terancam Sanksi Terusir dari Kanjuruhan Imbas RicuhSelebrasi pemain Persija di Stadion Kanjuruhan, Minggu (28/8/2022). (dok. Persija)

PT LIB juga sudah mengambil keputusan tegas pasca insiden yang terjadi di Kanjuruhan. Mereka memutuskan buat menghentikan kompetisi Liga 1 selama sepekan.

Keputusan ini berimbas pada sejumlah pertandingan yang seharusnya diselenggarakan beberapa hari ke depan, termasuk big match Persib Bandung versus Persija Jakarta. Hingga kini, ada potensi kalau laga itu batal karena surat penghentian kompetisi sudah jatuh secara resmi.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya