Barcelona Tersandung Skandal Wasit, Terancam Sanksi Degradasi

Ada indikasi Barcelona menggoyang integritas kompetisi

Jakarta, IDN Times - Barcelona tersandung dalam skandal yang begitu pelik. Setelah sempat diterpa krisis keuangan, Barcelona kini dituding terlibat dalam skandal suap wasit.

Cadena SER melansir, Barcelona dituding sempat menyewa jasa dari perusahaan milik mantan Wakil Presiden Komite Teknis Wasit, Enriquez Negreira. Barcelona menyewa perusahaan milik Negreira diduga pada medio 2016 hingga 2018, ketika Barcelona dipimpin oleh eks Presiden Josep Maria Bartomeu.

Sebab, ada beberapa pembayaran yang muncul dari periode tersebut, dengan total 1,4 juta euro atau setara Rp22,6 miliar.

1. Sewa jasa konsultan wasit

Barcelona Tersandung Skandal Wasit, Terancam Sanksi Degradasiselebrasi gol Frank Kessie ke gawang Viktoria Plzen (uefa.com)

Laporan menyebutkan, Barcelona menyewa perusahaan milik Negreira agar para pemainnya mampu menghadapi wasit dalam situasi di atas lapangan.

Negreira juga sudah bersaksi di depan jaksa atas kasus yang ditemukan saat keuangan milik perusahaannya diaudit. Dia menjamin kalau semua keputusan wasit masih netral.

Baca Juga: 4 Pemain MU Absen Latihan Jelang Lawan Barcelona

2. Sulit buktikan adanya pelanggaran integritas

Barcelona Tersandung Skandal Wasit, Terancam Sanksi DegradasiRobert Lewandowski. (planetsport.com)

Komite Integritas Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) terpaksa juga bergerak. Mereka merasa kalau apa yang dilakukan Barcelona bisa saja merusak integritas dalam pertandingan.

Tapi, soal sanksi belum tentu juga dijatuhkan. Sebab, keterlibatan Barcelona soal main mata dengan wasit belum bisa dibuktikan.

3. Penyelidikan masih berlangsung

Barcelona Tersandung Skandal Wasit, Terancam Sanksi DegradasiPelatih Barcelona, Xavi Hernandez dalam latihan jelang bersua Bayern Munchen. (uefa.com).

Proses penyelidikan masih berlangsung. Eks CEO Barcelona, Oscar Grau, beserta mantan Direktur Albert Soler sudah dimintai keterangan. Meski keterlibatan main mata tak bisa dibuktikan, tetap ada sanksi yang mengintai Barcelona.

Ancaman pemotongan poin, bahkan degradasi menghampiri Barcelona. Bisa saja satu dari dua ancaman itu terwujud.

Baca Juga: Barcelona Berjaya, Xavi Minta Semua Tetap Waspada

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya