Baru Persebaya dan Persis yang Minta PSSI Gelar KLB, Klub Lain Kapan?

Keduanya sepakat harus diadakan perubahan

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya dan Persis Solo menjadi dua voters pertama yang mendorong untuk diadakannya Kongres Luar Biasa di tubuh PSSI. Keduanya kompak meminta agar PSSI menggelar KLB demi mereformasi sepak bola nasional.

Tindakan keduanya menjadi salah satu bentuk dari perwujudan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan, yang meminta agar ada pergantian dalam kepengurusan PSSI.

Baca Juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Persis Solo Lemparkan 5 Tuntutan

1. Sudah gelar pertemuan

Manajemen Persebaya dan Persis pun sudah melakukan pertemuan pada Senin (24/10/2022). Mereka jumpa pula dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. Dalam kesempatan itu, manajemen Persis diwakili oleh CEO Kaesang Pangarep, dan Azrul Ananda selaku pemegang saham menjadi garda terdepan Persebaya.

"Kami mengajukan dua surat. Pertama, untuk diselenggarakannya KLB PSSI demi kebaikan sepak bola nasional secara menyeluruh. Tragedi Gelora Bandung Lautan Api, disusul Kanjuruhan 1 Oktober lalu, memukul kita," begitu pernyataan resmi Persebaya di akun instagramnya @officialpersebaya.

2. Minta diadakan RUPS LB LIB

Baru Persebaya dan Persis yang Minta PSSI Gelar KLB, Klub Lain Kapan?Direktur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Surat kedua ditujukan kepada operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru. Manajemen Persebaya dan Persis mengeluarkan surat itu, demi meminta kepastian kapan Liga 1. Kemudian, mereka juga berharap digelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa LIB.

"Kami merasa diselenggarakannya RUPS LB PT LIB adalah justru yang paling mendesak saat ini. Karena klub-klub semua harus mau duduk bersama membahas kepastian liga. Semoga klub-klub lain bisa melakukan hal yang sama supaya RUPS LB bisa terselenggara segera," kata Azrul.

3. Persebaya dan Persis sudah, klub lain kapan?

Baru Persebaya dan Persis yang Minta PSSI Gelar KLB, Klub Lain Kapan?Persebaya dan Persis Solo saat melakukan pertemuan, Senin (24/10/2022). (Instagram/@officialpersebaya)

Hingga kini, memang baru Persis dan Persebaya yang bergerak untuk diadakannya KLB. Klub lain, belum bersuara.

Desakan untuk digelarnya KLB atau kerelaan mundur dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beserta jajarannya, sudah terjadi beberapa waktu belakangan. Namun, hingga sekarang, hal tersebut belum terjadi.

Baca Juga: LIB Masih Mengelak soal Jadwal Malam Arema Vs Persebaya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya