Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?

Gak ada aturan spesifik yang melarang

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 berpotensi berhadapan dengan sejumlah tim raksasa di Piala Dunia U-20 2023. Sebab, dalam proses undian, Indonesia masuk ke dalam pot 1.

Dengan ini, potensi Indonesia jumpa tim-tim raksasa macam Brasil atau Inggris begitu besar. Sebab, Brasil dan Inggris masuk ke pot 2.

Baca Juga: FIFA Finalisasi Format Baru Piala Dunia: 104 Laga Selama 39 Hari

1. Masuk Grup A langsung karena tuan rumah

Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?Trofi Piala Dunia U-20. (fifa.com).

Kenapa Indonesia bisa masuk pot 1? Sesuai aturan yang dituangkan dalam regulasi, Indonesia berhak masuk pot 1 karena berstatus tuan rumah.

Pun, Indonesia berhak masuk langsung ke Grup A dan tinggal menunggu lawan-lawan yang akan ada di dalamnya. Undian untuk Grup A juga diutamakan pada prosesnya.

Aturan pembagian pot juga didasari dari prestasi masing-masing negara dalam lima edisi Piala Dunia U-20 terakhir.

Jadi, lima negara selain Indonesia, tentunya memiliki rekam jejak yang bagus sepanjang turnamen ini dalam lima edisi terakhir. Mereka yang ada di pot 1 selain Indonesia adalah Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal, dan Italia.

2. Indonesia bisa segrup dengan Israel?

Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?Piala Dunia U-20. (sportingnews.com)

Ada pula aturan menarik dari undian nanti. Tak boleh ada dua negara dari satu konfederasi bergabung di grup yang sama. Jadi, Indonesia tak mungkin jumpa Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara dari konfederasi AFC lainnya.

Pertanyaan lain yang muncul adalah apakah Indonesia bisa jumpa dengan Israel di penyisihan grup? Dari regulasi yang dikeluarkan FIFA, tak ada aturan spesifik terkait hal ini. Meski tak memiliki hubungan diplomatik, Indonesia bisa saja jumpa dengan Israel di fase grup.

Pada Piala Dunia 2022 lalu, Amerika Serikat bahkan sempat satu grup dengan Iran. Padahal, kedua negara memiliki hubungan politik yang cukup panas, namun masih bisa bersaing secara sportif di atas lapangan.

3. Pembagian pot Piala Dunia U-20 2023

Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?Timnas Indonesia U-20 kalahkan Cakallikli Spor, Senin (24/10/2022). (dok. PSSI).

Berikut pembagian pot undian Piala Dunia U-20 2023:

Pot 1: Indonesia, Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal, Italia

Pot 2: Inggris, Korea Selatan, Selandia Baru, Brasil, Kolombia, Ekuador

Pot 3: Nigeria, Jepang, Uzbekistan, Irak, Honduras, Fiji

Pot 4: Guatemala, Republik Dominika, Gambia, Israel, Slovakia, Tunisia

Baca Juga: Temani Indonesia, Ini 4 Wakil Asia di Piala Dunia U-20 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya