Comscore Tracker

[BREAKING] Bekuk 10 Pemain Wales, Italia Jadi Raja Grup A

Italia turunkan pemain lapis kedua di duel ini

Jakarta, IDN Times - Italia cuma bisa menang tipis atas Wales di partai pamungkas penyisihan Grup A Piala Eropa 2020, Minggu (20/6/2021). Mereka menang lewat gol tunggal Matteo Pessina dalam laga yang digelar di Stadio Olimpico tersebut.

Sebenarnya, Italia bisa saja menang dengan skor lebih besar. Sebab, di babak kedua mereka mendapat peluang yang begitu banyak.

Apalagi, Italia unggul jumlah pemain setelah Ethan Ampadu diusir wasit di menit 55 usai melepaskan tekel berbahaya kepada Federico Bernardeschi. Namun, pada akhirnya Italia cuma bisa menang dengan skor 1-0.

Dalam duel ini, Italia mendominasi sejak awal laga. Mereka tak memberikan napas kepada Wales, meski menurunkan tim lapis kedua.

Sejumlah peluang berhasil diciptakan Italia di awal-awal babak pertama lewat Andrea Belotti. Namun, mereka baru bisa mencetak gol di menit 39.

Umpan sepakan bebas yang cerdik dari Marco Verratti berhasil diteruskan oleh Matteo Pessina. Tak perlu melepaskan tendangan keras, Pessina cuma butuh mendorong bola lewat betisnya demi menipu kiper Wales, Danny Ward, dan membawa Italia unggul 1-0 hingga jeda.

Di babak kedua, Italia mendapatkan keuntungan saat Ampadu menerima kartu merah langsung setelah kakinya mengganjar engkel Bernardeschi dengan begitu brutal.

Italia leluasa bermain di lapangan dan Wales cuma bisa bertahan. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan, namun tak berujung gol tambahan.

Justru, di menit 76, Italia hampir saja kebobolan. Beruntung, sepakan voli Gareth Bale di depan gawang Gianluigi Donnarumma melayang jauh dari sasaran.

Hingga akhir laga, tak ada gol tambahan tercipta dan Italia lolos sebagai juara Grup A Euro 2020. Sedangkan, Wales lolos sebagai runner up ke babak 16 besa. Itu setelah Swiss cuma menang dengan skor 3-1 atas Turki. Poin Wales dan Swiss memang sama, tapi kalah dalam urusan selisih gol.

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Italia Vs Wales, Duel Penentu Juara Grup A

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya