Comscore Tracker

Sederet Fakta Menarik Italia Vs Wales, Duel Penentu Juara Grup A

Italia jadi favorit juara Grup A

Jakarta, IDN Times - Italia versus Wales akan menjadi laga yang paling disorot dalam partai pamungkas penyisihan Grup A Piala Eropa 2020. Keduanya akan bertempur di Stadio Olimpico, Minggu (20/6/2021), demi dua kepentingan berbeda.

Bagi Wales, duel lawan Italia adalah memastikan kelolosan ke babak 16 besar. Sebenarnya, dengan hasil imbang Wales bisa lolos.

Kalau itu terjadi, perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar Swiss atau Turki. Tapi, Wales hanya jadi runner up Grup A. Tentu, mereka tak mau itu terjadi.

Italia juga enggan kasih tiga poin kepada Wales. Mereka juga mau menang demi mempermudah langkah di babak 16 besar karena juara grup bisa ketemu lawan lebih enteng.

Dengan dua kepentingan beda ini, tensi laga pastinya tinggi. Sebelum kamu semua menyaksikannya, berikut IDN Times sajikan sejumlah fakta menarik Italia versus Wales sebagai gambaran untuk prediksi laga ini nantinya, seperti dilansir Sky Sports.

Baca Juga: Neraka Grup A, Wales dan Swiss Cari Tiket Dampingi Italia

1. Italia dominan

Sederet Fakta Menarik Italia Vs Wales, Duel Penentu Juara Grup AItalia vs Swiss. (twitter.com/EURO2020)

Partai Italia kontra Wales tak pernah imbang dalam sembilan laga terakhir. Kedua tim selalu saling mengalahkan.

Namun, Italia masih terlalu dominan dengan memenangkan tujuh dari sembilan pertemuan itu.

Menariknya lagi, tiga laga terakhir yang melibatkan kedua tim menghadirkan banyak gol. Setidaknya, ada 11 gol yang lahir dari duel Italia versus Wales di tiga pertemuan terakhir. Semuanya dimenangkan oleh Italia.

Hanya saja, pertemuan kali ini jadi yang pertama bagi kedua tim di turnamen mayor. Terakhir kali, keduanya bentrok di laga bertajuk kualifikasi Piala Eropa pada 18 tahun lalu, September 2003. Kala itu, Filippo Inzaghi cetak hattrick dalam kemenangan 4-0 Italia.

2. Rekor baru bisa lahir

Sederet Fakta Menarik Italia Vs Wales, Duel Penentu Juara Grup APesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Laga lawan Wales juga jadi momentum Italia cetak rekor. Sejauh ini, Gli Azzurri sudah mencatatkan 29 laga tanpa pernah kalah di segala ajang.

Kalau bisa menghindari kekalahan dari Wales, maka Italia akan sempurna di 30 laga. Itu akan menyamai rekor yang mereka cetak antara November 1935 hingga Juli 1939.

Italia juga menyincar rekor lain. Mereka mau menang di tiga laga penyisihan grup untuk keempat kalinya dalam turnamen mayor. Sebelumnya, Italia sudah melakukan hal tersebut di Piala Dunia 1978 dan 1990, serta Euro 2000.

3. Wales mau cetak sejarah

Sederet Fakta Menarik Italia Vs Wales, Duel Penentu Juara Grup ADua gelandang Wales, Gareth Bale dan Aaron Ramsey / Twitter @Euro2020

Wales sebenarnya sudah pernah lolos ke fase gugur di dua penampilan turnamen mayor, Piala Dunia 1958 dan Piala Eropa 2016.

Kalau mereka mendulang hasil imbang saja, maka Wales sudah lolos. Itu akan menjadi penampilan ketiga Wales di fase gugur turnamen mayor.

Baca Juga: Fantasy Football Euro 2020: Bintang Dadakan dan Muka Lama

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya