Comscore Tracker

[BREAKING] Dongeng Denmark Berlanjut, Lolos ke Semifinal Piala Eropa

Denmark menggila lawan Republik Ceko

Jakarta, IDN Times - Denmark melaju mulus ke semifinal Piala Eropa 2020. Mereka memastikan satu tiket itu usai menghentikan perlawanan Republik Ceko dengan skor 2-1 dalam duel yang digelar di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Sabtu (3/7/2021).

Dua gol kemenangan Denmark dicetak oleh Thomas Delaney (8’) dan Kasper Dolberg (41’). Sementara gol hiburan Republik Ceko dihasilkan oleh pemain yang tampil moncer di ajang ini, Patrik Schick (49’).

Sejak laga dimulai, Denmark langsung tampil agresif. Baru tujuh menit pertandingan berjalan, mereka berhasil unggul cepat. Memanfaatkan umpan matang Jens Stryger Larsen dari sepak pojok, Delaney mampu menyundul bola yang tak mampu dijangkau Thomas Vaclik.

Republik Ceko sebetulnya berusaha mengejar ketertinggalan di pertengahan babak pertama. Petr Sevcik mampu mendapatkan peluang berbahaya di dalam kotak penalti Denmark. Namun, sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang Kasper Schmeichel.

Gelombang serangan terus dilancarkan Republik Ceko demi mencetak gol. Mereka pun lebih mendominasi jalannya pertandingan. Sementara, Denmark hanya sesekali saja melancarkan serangan balik, memanfaatkan garis pertahanan lawan yang terlalu tinggi.

Hal itu benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh tim besutan Kasper Hjulmand. Mereka memperlebar keunggulan menjadi 2-0 pada menit 41. Melalui aksi individu menusuk pertahanan sebelah kanan Republik Ceko, Joakim Mæhle mengakhirinya dengan umpan silang matang. Kasper Dolberg mampu menyambutnya dengan sepakan yang meluncur deras ke gawang Vaclik.

Republik Ceko berusaha memperkecil kedudukan di sisa waktu babak pertama. Namun, hingga turun minum skor tak berubah. Denmark mampu menutup laga babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Republik Ceko.

Memasuki babak kedua, Republik Ceko langsung tancap gas. Denmark yang terlihat belum panas sedikit kaget dengan usaha lawannya itu. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Patrik Schick. Dia berhasil menciptakan gol kelimanya di Piala Eropa menit 49, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Terpaut satu gol membuat Republik Ceko tampil lebih bersemangat. Mereka terus menekan pertahana Denmark yang digalang, Simon Kjaer. Beruntung sang kapten masih cukup tenang untuk menghalau serangan-serangan yang dilancarkan para penyerang Republik Ceko.

Namun, Denmark justru mampu menciptakan peluang berbahaya pada menit 69. Pemain pengganti, Yussuf Poulsen bisa melepaskan tembakan mendatar di luar kotak penalti, tapi bolanya meluncur lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh Vaclik.

Di waktu yang tersisa, Tomas Soucek dan kolega sebetulnya terus menggempur pertahanan Denmark. Lagi-lagi, keperkasaan Schmeichel dan para pemain belakang membuat mereka acap kali gagal mencetak gol. Sehingga, para pemain Republik Ceko terlihat frustrasi.

Memasuki pengujung pertandingan, Denmark menumpuk banyak pemain belakangnya di garis pertahanan sendiri. Mereka hanya menyisakan dua pemain saja di depan untuk memanfaatkan serangan balik. Hal itu dilakukan agar mereka tak lagi kecolongan.

Usaha itu pun berbuah hasil. Terbukti, tekanan demi tekanan terus dilakukan para penggawa Republik Ceko, tak ada yang berhasil merobek gawang Schmeichel hingga laga berakhir. Sehingga, Denmark berhasil menyelesaikan duel tim kuda hitam ini dengan kemenangan tipis 2-1.

Kemenangan ini membuat Denmark terus melangkah jauh di Piala Eropa 2020. Mereka menjadi tim ketiga yang melangkah ke babak semifinal, selain Spanyol dan Italia.

Baca Juga: [BREAKING] Babak Pertama: Denmark Unggul 2-0 atas Republik Ceko

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya