Comscore Tracker

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai Chelsea

Ballon d'Or 2021 begitu mengejutkan

Jakarta, IDN Times - Malam penghargaan Ballon d'Or yang digelar di Theatre du Chatelet, Selasa dini hari WIB (30/11/2021), tak cuma menjadi momen buat Lionel Messi. Sejumlah pesepak bola dunia juga mencicipi manisnya penghargaan individu tertua di dunia tersebut.

Ballon d'Or Feminin, untuk kategori wanita, diumumkan pula pemenangnya di kesempatan ini. Adalah bintang Spanyol dan Barcelona wanita, Alexia Putellas, yang berhasil menjadi juara di Ballon d'Or Feminin.

Selain Putellas, berikut ini adalah pemenang penghargaan di malam Ballon d'Or seperti dikutip L'Equipe.

1. Pedri, wonderkid terbaik

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai Chelseagoal.com

Pedri menjadi pemenang Kopa Trophy. Penghargaan ini diberikan kepada pemain muda terbaik yang mentas selama satu tahun kalender, berbarengan dengan Ballon d'Or.

Bintang muda Barcelona dan Timnas Spanyol itu mengalahkan dua pesaing terberatnya, Jude Bellingham dan Jamal Musiala. Pedri unggul telak atas Bellingham dan Musiala dengan mengoleksi 89 poin.

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai ChelseaInfografik Ballon d'Or Lionel Messi (IDN Times / Aditya Pratama)

Baca Juga: Lionel Messi Sabet Gelar Ballon d'Or ke-7

2. Donnarumma kiper tertangguh

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai ChelseaGianluigi Donnarumma saat berlaga bersama Paris Saint-Germain. (instagram.com/gigiodonna99)

Kemudian, untuk kiper terbaik diberikan kepada Gianluigi Donnarumma. Bintang Paris Saint-Germain itu berhak atas Yashin Trophy, gelar buat kiper terbaik dunia.

Donnarumma mengoleksi 594 poin dalam voting menuju Yashin Trophy. Indikatornya jelas, Donnarumma berhasil membawa Italia juara Piala Eropa 2020 dengan cuma kebobolan lima kali.

3. Robert Lewandowski, striker terganas

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai Chelseaskysports.com

Sementara itu, gelar striker terbaik disabet oleh Robert Lewandowski. Banyak yang mengira Lewandowski akan memenangkan Ballon d'Or tahun ini. Tapi, kenyataannya dia cuma meraih sepatu emas.

Sepanjang 2021, Lewandowski mencetak 64 gol. Itu menjadi catatan terbanyak buat seorang striker di tahun ini.

4. Chelsea, tim terbaik

Daftar Lengkap Penghargaan Ballon d'Or: Messi Sampai ChelseaPemain Chelsea Kurt Zouma dan N'Golo Kante merayakan kemenangan usai menang atas Manchester City pada babak final Liga Champions di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Sabtu (29/5/2021) waktu setempat. Gol tunggal Kai Havertz pada menit ke-42 ke gawang The Citizens bawa The Blues jadi juara Liga Champions. ANTARA FOTO/Michael Steel/Pool via REUTERS

Terakhir, gelar tim terbaik diberikan kepada Chelsea. Selain karena juara Liga Champions musim lalu, Chelsea juga mengirimkan banyak wakilnya di berbagai kategori penghargaan.

Ada 10 pemain Chelsea yang masuk dalam persaingan di sederet penghargaan. Bahkan, dalam perburuan Ballon d'Or, Jorginho dan N'Golo Kante ada di posisi lima besar.

Baca Juga: 5 Pemain Terganas di Liga Champions Selain Ronaldo dan Messi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya