Fans Jadi Alasan Premier League Ditunda Usai Wafatnya Ratu Elizabeth

Sikap fans memang tak bisa dikontrol

Jakarta, IDN Times - Otoritas Premier League secara resmi menunda Premier League pekan ini demi menghormati wafatnya Ratu Elizabeth II, pada Jumat dini hari WIB (9/9/2022). Manajemen Premier League ingin berkontribusi aktif dalam periode duka nasional dan akan menghormati segala prosesi terkait pemakaman Ratu Elizabeth.

Namun, ternyata bukan cuma itu alasan Premier League menunda pertandingan. Fans juga berkontribusi dalam keputusan yang diambil Premier League secara veto tersebut.

Baca Juga: Liga Champions di Inggris Tak Terimbas Hari Berkabung Ratu Elizabeth

1. Khawatir adanya penghinaan

Fans Jadi Alasan Premier League Ditunda Usai Wafatnya Ratu ElizabethRatu Elizabeth II dan Pangeran Charles (instagram.com/theroyalfamily)

Kubu Premier League khawatir ada gestur tak enak yang dilakukan fans saat pertandingan digelar di masa berkabung. Mereka waswas jika beberapa pihak melayangkan gestur tak hormat seperti yang dilakukan di fans Shamrock Rovers kala main lawan Djurgardens dalam ajang Europa Conference League.

Saat itu, mereka melayangkan nyanyian bernada ejekan yang menyinggung wafatnya Ratu Elizabeth II. Pun, ini menjadi bentuk nyata sentimen warga Republik Irlandia terhadap Inggris.

2. Khawatir disusupi muatan politis

Fans Jadi Alasan Premier League Ditunda Usai Wafatnya Ratu ElizabethIlustrasi London Bridge, London, Inggris (IDN Times/Anata)

Sebenarnya, ada sejumlah elemen fans di klub Inggris yang disusupi muatan politis pula. Bahkan, klub-klub itu tak sadar dengan situasi yang menyelimuti fansnya.

Maka dari itu, demi meminimalisir risiko, Premier League akhirnya memutuskan untuk menunda pertandingan pekan ini.

Baca Juga: Ratu Elizabeh II Wafat, Premier League Pekan Ini Resmi Ditunda!

3. Liga Champions di Inggris tak terimbas

Fans Jadi Alasan Premier League Ditunda Usai Wafatnya Ratu ElizabethKai Havertz saat bela Chelsea di laga lawan Dinamo Zagreb (Twitter @ChampionsLeague)

Kemungkinan besar, laga Premier League baru bisa digelar setelah 19 September 2022, atau pasca pemakaman Ratu Elizabeth II diselenggarakan. Namun, partai Liga Champions dan Europa yang digelar di Inggris, bisa tetap diselenggarakan.

Kepolisian sudah memberi lampu hijau kepada klub-klub yang bersaing di Liga Champions dan Europa untuk tetap menggelar laga kandang. Namun, kemungkinan pertandingan diselenggarakan tanpa penonton.

 

Baca Juga: Formula 1 Sampaikan Ucapan Duka Cita Atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya