Comscore Tracker

Liverpool Ahlinya Comeback, Real Madrid Wajib Waspada

Bukan sekali saja Liverpool mencetak comeback ajaib

Jakarta, IDN Times - Liverpool punya tugas berat saat jumpa Real Madrid di leg 2 perempat final Liga Champions, Kamis (15/4/2021) dini hari WIB nanti. Mereka harus mengejar defisit dua gol dari Madrid saat jumpa di Anfield demi bisa lolos ke semifinal.

Ya, Liverpool memang harus menang dengan skor minimal 2-0. Kemenangan dengan skor 3-1 belum cukup bikin Liverpool lolos otomatis. Dengan kemenangan itu, The Reds masih harus berjuang di babak perpanjangan waktu.

Namun, manajer Liverpool, Juergen Klopp, cukup percaya diri anak-anak asuhnya bisa menciptakan keajaiban. Sebab, dalam beberapa kasus, Liverpool pernah melakukannya.

Baca Juga: Liverpool Kalah Akibat Lapangan, Banyak Banget Alasan Klopp

1. Magis Istanbul jadi kunci

Liverpool Ahlinya Comeback, Real Madrid Wajib Waspadagoal.com

Salah satu yang disorot Klopp adalah magis di Istanbul. Final Liga Champions musim 2004/05 memang jadi momentum bagi Liverpool menyandang status raja comeback.

Bagaimana tidak, setelah tertinggal tiga gol di babak pertama, Liverpool akhirnya menyamakan skor pada 45 menit kedua. Mereka pun menang lewat babak adu penalti.

2. Magis Liga Europa

Liverpool Ahlinya Comeback, Real Madrid Wajib Waspadagoal.com

Setelah keajaiban di Istanbul, beberapa comeback dilakukan oleh Liverpool. Salah satunya terjadi di Liga Europa. Pada 14 April 2016, Liverpool jumpa dengan Borussia Dortmund di perempat final.

Keduanya sempat imbang 1-1 di Signal Iduna Park dalam leg 1. Pada leg 2, Liverpool berniat membuat Dortmund merana.

Yang terjadi sebaliknya. Liverpool malah keteteran. Hanya dalam tempo 10 menit awal, Liverpool sudah kebobolan dua gol.

Liverpool mencoba bangkit lewat Divock Origi di menit 48. Namun, Marco Reus bikin segalanya jadi lebih sulit usai cetak gol di menit 57.

Hingga akhirnya, Philippe Coutinho, Mamadou Sakho, dan Dejan Lovren, bisa membuat Liverpool berbalik unggul 4-3. Dengan kemenangan itu, Liverpool layak lolos ke semifinal karena unggul agregat 5-4.

3. Comeback kontra Barcelona paling epik

Liverpool Ahlinya Comeback, Real Madrid Wajib WaspadaInstagram /Liverpool

Dua musim lalu, Liverpool juga ciptakan keajaiban. Mereka sempat dipermak Barcelona, 0-3, saat main di Camp Nou.

Tapi, pada leg 2, Liverpool tampil ganas sejak awal. Barcelona dibuat benar-benar tak berkutik.

Brace Origi dan Georginio Wijnaldum membuat Barcelona harus menanggung malu. Mereka tersingkir karena kalah agregat 3-4 dari Liverpool.

Kekalahan itu menjadi bulan-bulanan fans lawan terhadap Barcelona hingga sekarang.

4. Klopp makin optimistis lawan Real Madrid

Liverpool Ahlinya Comeback, Real Madrid Wajib WaspadaTwitter.com/Squawka

Kondisi saat ini juga hampir serupa. Klopp cukup yakin anak-anak asuhnya bisa melakukan comeback magis untuk kesekian kalinya.

Berbagai fenomena yang sudah terjadi, membuat Klopp yakin kalau Liverpool memang mampu menciptakan segala hal yang mustahil jadi mungkin.

"Meski semua kondisi sulit, bahkan mencapai kata mustahil, kami harus mencobanya. Di sepakbola, sama seperti hidup, momen yang setiap saat harus menunjukkan karakter. Ini yang sudah dilakukan anak-anak," terang Klopp dikutip Liverpool Echo.

Baca Juga: Rasisme Kembali Terjadi di Liga Champions, Korbannya Liverpool

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya