Liverpool dalam Bayangan Tragedi Final Liga Europa 2016

Pertemuan dengan Unai Emery kala itu tak berakhir baik

Jakarta, IDN Times - Liverpool dipastikan tak boleh lengah saat berduel melawan Villarreal dalam semifinal leg 1 Liga Champions di Anfield, Kamis dini hari WIB (28/4/2022). Sebab, mereka punya kenangan buruk saat main menghadapi tim asuhan Unai Emery di kompetisi Eropa.

Pada 2016 lalu, Liverpool jumpa dengan Sevilla yang ditangani Emery di final Liga Europa. Kala itu, Liverpool keok dengan skor 1-3 di Basel.

Momen yang bikin frustrasi. Sebab, cuma Liga Europa yang sebenarnya saat itu bisa menyelamatkan musim Liverpool.

Baca Juga: Villarreal Ultimatum Liverpool, Siap Ciptakan Keajaiban

1. Kekalahan yang jadi momentum

Liverpool dalam Bayangan Tragedi Final Liga Europa 2016Instagram.com/liverpoolfc

Hanya saja, menurut kapten Liverpool, Jordan Henderson, kekalahan di final Liga Europa kala itu bak momentum yang penting. Sebab, setelah kekalahan tersebut, Liverpool perlahan bangkit dan menunjukkan kapasitas sebagai salah satu raksasa yang sudah bangun dari tidur panjangnya.

Menariknya, menurut Henderson, saat itu manajer Juergen Klopp sudah memprediksi momen tersebut terjadi di masa mendatang.

"Dia memiliki pandangan singkat kala itu, yang membuat kami berpikir bisa tembus final lainnya. Dia melihat adanya gambaran besar di masa depan. Dia yakin kalau akan ada momen besar di karier kami, belajar dari pengalaman ini," ujar Henderson dilansir Daily Mirror.

2. Benar-benar berubah

Liverpool dalam Bayangan Tragedi Final Liga Europa 2016Andrew Robertson bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Memang benar, usai kekalahan itu, Liverpool tampil lebih dewasa. Pun, Klopp berhasil menyulap The Reds menjadi tim yang kian disegani di Inggris dan Eropa. Setelah kekalahan itu, Liverpool malah berhasil juara Premier League dan Liga Champions.

"Saya ingat malam itu, bagaimana caranya membangkitkan semangat tim yang fantastis. Dia membuat ruang ganti menjadi spesial dengan pemain yang istimewa," kata Henderson.

3. Villarreal mengancam

Liverpool dalam Bayangan Tragedi Final Liga Europa 2016Unai Emery (skysports.com)

Kekalahan dari Emery di final Liga Europa enam tahun lalu tentunya harus jadi pelajaran buat Klopp dan Liverpool. Sebab, Emery tampak memiliki semangat serupa ketika jumpa Liverpool di kesempatan kali ini.

"Kami harus menciptakan momen penting dengan mengalahkan tim yang lebih favorit. Itu kunci untuk meraih prestasi," ujar Emery dilansir laman resmi UEFA.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarreal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya