4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarreal

Unai Emery punya rekor yang cukup gemilang

Jakarta, IDN Times - Liverpool tampaknya harus waspada saat menghadapi Villarreal di semifinal leg 1 Liga Champions. Meski main di Anfield pada Kamis dini hari WIB (27/4/2022), Liverpool wajib berhati-hati karena Villarreal memiliki potensi kejutan yang cukup besar.

Bayern Munich saja sudah jadi korban dari kejutan Villarreal. Bukan tak mungkin, Liverpool mengalami nasib serupa, kalau meremehkannya.

Apalagi, ada catatan lain yang bikin The Yellow Submarine bisa saja menciptakan kejutan. Apa saja itu? Berikut IDN Times sajikan buat kamu seperti dilansir Sky Sports.

1. Rekor bagus Emery

4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs VillarrealUnai Emery (skysports.com)

Unai Emery memiliki catatan bagus di kompetisi antarklub benua biru, baik Liga Champions atau Liga Europa. Dia berhasil sukses melewati fase gugur kompetisi Eropa 31 kali dari 37 kesempatan.

Artinya, rasio kesuksesan Emery melaju ke tahapan lebih tinggi di fase gugur kompetisi Eropa mencapai 84 persen. Dia merupakan pelatih dengan rasio terbaik kedua setelah Zinedine Zidane.

Baca Juga: Villarreal Ultimatum Liverpool, Siap Ciptakan Keajaiban

2. Rekor buruk Villarreal

4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarrealpotret Gerard Moreno (uefa.com)

Ini menjadi semifinal keempat Villarreal dalam lima musim terakhir di kompetisi mayor Eropa. Menariknya, lagi-lagi mereka menghadapi tim asal Inggris setelah musim lalu berhasil mempermalukan Manchester United di final Liga Europa.

Semifinal terakhir Villarreal di Liga Champions adalah pada musim 2005/06 lalu, ketika menghadapi Arsenal. Sialnya, kala itu Villarreal terdepak dan gagal ke final usai kalah agregat, 0-1.

3. Liverpool punya catatan bagus

4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarrealpotret pemain Liverpool melawan Everton (twitter.com/sportbible)

Liverpool punya catatan bagus dalam semifinal kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions. Dari 11 kesempatan, mereka mampu melaju sembilan kali ke final Liga Champions.

Artinya, rasio Liverpool lolos ke final Liga Champions mencapai 82 persen. Cuma Benfica dan AC Milan yang memiliki rasio kesuksesan lolos ke final lebih besar dari Liverpool.

Baca Juga: Kentalnya Dominasi Manchester City dan Liverpool di Premier League

4. Rekor baru Liverpool

4 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarrealpotret Alisson Becker (uefa.com)

Ini menjadi semifinal ke-12 Liverpool di kompetisi Eropa, termasuk Liga Champions. Tak ada klub Inggris yang berhasil mencatatkan rekor lebih baik ketimbang Liverpool. Hanya saja, Manchester United, punya catatan yang sama.

Pun, Liverpool mencatatkan rekor baru dengan lolos ke semifinal Piala Liga, Piala FA, dan kompetisi Eropa, dalam waktu bersamaan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya