Comscore Tracker

Partai Penghakiman Jerman di Piala Dunia 2022

Jerman harus tentukan nasibnya saat lawan Spanyol

Jakarta, IDN Times - Jerman harus menghadapi Spanyol dalam partai kedua penyisihan Grup E Piala Dunia, Minggu (27/11/2022). Duel ini menjadi momen penentuan nasib alias penghakiman buat Jerman dalam Piala Dunia 2022.

Wajib menang, itu misi yang diusung Jerman. Sebab, jika kalah lawan Spanyol, mereka akan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Hal tersebut tentunya akan menjadi yang kedua secara beruntun, karena angkat koper sejak fase grup.

Baca Juga: Spanyol Waspadai Jerman yang Terluka di Piala Dunia 2022

1. Jerman yang sedang kesulitan

Partai Penghakiman Jerman di Piala Dunia 2022Timnas Jerman selebrasi saat membobol gawang Jepang di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022). (twitter/DFB_Team)

Kekalahan juga akan memperpanjang catatan kelam Jerman dalam turnamen internasional. Ya, sejak juara dunia pada 2014 lalu, Jerman benar-benar kesulitan bersaing. Mereka tersingkir lebih dini di Piala Dunia 2018 dan kalah dari Inggris pada babak 16 besar Piala Eropa 2020.

"Kami menghindari hasil buruk macam itu," kata pelatih Jerman, Hansi Flick, dikutip 90 Minutes.

2. Final dini buat Jerman

Partai Penghakiman Jerman di Piala Dunia 2022Ilkay Gundogan (instagram.com/ilkayguendogan)

Bahkan, Flick mengibaratkan laga melawan Spanyol bak final buat Jerman. Bukan cuma nasib, tapi gengsi Der Panzer juga akan ditentukan di sini.

"Kami fokus, berkonsentrasi. Ini jadi final pertama kami di Piala Dunia. Itu arti pertandingan melawan Spanyol nanti," ujar Flick.

3. Masih layakkah Jerman disebut raksasa?

Partai Penghakiman Jerman di Piala Dunia 2022Gestur tutup mulut timnas Jerman. (football.london)

Sebenarnya, selain kesulitan di Piala Dunia dan Piala Eropa, Jerman juga sempat kewalahan menghadapi persaingan UEFA Nations League. Mereka beruntung tak terdegradasi ke League B, usai adanya perubahan aturan dari UEFA.

"Status kami sebagai raksasa, bisa terjawab hari ini. Mungkin kami akan memiliki jawabannya, yang nyata, setelah itu," kata Flick.

Baca Juga: Jepang Enggan Besar Kepala Usai Bekuk Jerman di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya