Pimpin Defile Indonesia di Olimpiade, Rio Waida Pakai Baju Adat Bali

Rio Waida jadi pembawa bendera Merah Putih di #Tokyo2020

Jakarta, IDN Times - Peselancar Indonesia, Rio Waida, akan memimpin kontingen Merah Putih dalam defile di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (23/7/2021). Rio akan membawa bendera Indonesia di defile tersebut.

Pria berdarah Jepang itu mengaku cukup tegang mengemban tugasnya ini. Maklum saja, karena membawa bendera Merah Putih di event sekelas Olimpiade jadi yang pertama buatnya.

"Ini tidak pernah saya bayangkan, bisa tampil di Olimpiade. Nanti malam, saya akan menjadi flag bearer. Saya akan berdiri paling depan membawa bendera Merah Putih, mewakili Kontingen Indonesia. Saya tidak sabar," kata Rio.

1. Pakai baju adat Bali

Pimpin Defile Indonesia di Olimpiade, Rio Waida Pakai Baju Adat BaliPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Demi menyempurnakan penampilannya, Rio akan menggunakan baju adat Bali.

Maklum, meski lahir di Saitama, Jepang, Rio memang banyak menghabiskan hidupnya di Bali. Dia tinggal dengan keluarganya di Pulau Dewata sejak usianya masih lima tahun.

Jadi, baju adat Bali, Payas Madya, yakni kemeja putih, dibalut beskap hitam, serta kain batik gemerlap emas, akan dikenakannya. Penampilannya akan dipadupadankan dengan sandal tradisional Jepang, geta.

2. Penuh keragaman

Pimpin Defile Indonesia di Olimpiade, Rio Waida Pakai Baju Adat BaliSuasana pembukaan SEA Games 2019 di Philippina Arena, Sabtu (30/11). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc

Rombongan defile Kontingen Indonesia akan dipimpin Chef de Mission Indonesia, Rosan P Roeslani, yang mengenakan baju adat Betawi bernuansa putih dengan sarung dan peci merah.

Rio berada di barisan terdepan diikuti lifter nasional Nurul Akmal, perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani serta lima pelatih Dirdja Wihardja (angkat besi), Rionny Mainaky (bulu tangkis), Permadi Sandra Wibowo (panahan), Donny Budiarto Utomo (renang), dan Tipi Jabrik Noventin (pelatih surfing).

"Bisa mewakili Indonesia di Olimpiade dan membawa bendera Merah Putih adalah kehormatan bagi saya dan tentunya ini momentum untuk memperkenalkan surfing agar bisa lebih dikenal di Indonesia. Saya ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah negara dengan potensi yang luar biasa," jelas Rio.

Baca Juga: Jajal Pantai Jepang, Rio Waida Fokus Pada Kemampuan Diri

3. Nyaman main di Jepang

Pimpin Defile Indonesia di Olimpiade, Rio Waida Pakai Baju Adat BaliPeselancar Indonesia, Rio Waida (Instagram.com/riowaida_)

Terlepas dari segala pengalaman baru yang akan didapatkan Rio, doa dari sang orang tua juga turut mengiringi langkahnya jelang persiapan tampil di Olimpiade. Rio juga merasa memiliki kedekatan dengan Jepang, membuatnya makin nyaman saat berlaga.

Maklum, karena masih ada keluarganya yang tinggal di Jepang. "Ayah juga berkata agar bisa membawa medali pulang ke Indonesia, apalagi nenek saya juga tinggal di sini. Jadi saya akan bekerja keras untuk membuat keluarga dan negara Indonesia bangga. Ibu juga selalu bilang, agar menikmati pengalaman di sini," ucap Rio.

Topik:

  • Satria Permana
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya