Prediksi Timnas Vs Burundi: Uji Pertahanan dari Kekuatan Misterius

Kekuatan fisik Burundi akan menguji pertahanan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan berduel melawan Burundi untuk pertama kalinya dalam laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023). Duel yang diprediksi berlangsung menarik, lantaran kedua tim belum mengetahui kekuatannya satu sama lain.

Indonesia, lewat pelatihnya, Shin Tae Yong, secara jujur tak tahu kekuatan Burundi. Bahkan, Shin juga baru sadar kalau ada negara Burundi di Benua Afrika.

"Mungkin, saya akan diolok-olok karena baru tahu ada Burundi di Afrika. Tapi, saya memang baru mengetahuinya lewat uji coba ini," ujar Shin dalam konferensi pers jelang laga kemarin (24/3/2023).

Sama seperti Shin, Burundi lewat striker andalannya, Saido Berahino, juga belum tahu karakter sepak bola Indonesia. Berahino hanya tahu atmosfer sepak bola Indonesia dari sahabatnya yang juga pemain naturalisasi, Sandy Walsh.

"Yang saya tahu, sepak bola Indonesia memiliki fans luar biasa. Saya tak sabar untuk main di laga nanti," kata Berahino.

Dengan situasi ini, tentunya publik bertanya-tanya bagaimana jalan cerita dari laga ini. Namun, IDN Times punya sedikit prediksi seperti apa duel ini akan berjalan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Penasaran Lihat Duet Elkan dan Jordi di Timnas Indonesia

1. Ujian pertahanan Indonesia

Prediksi Timnas Vs Burundi: Uji Pertahanan dari Kekuatan MisteriusBek Timnas Indonesia, Elkan Baggott. (Twitter/@PSSI).

Setidaknya, laga nanti kemungkinan besar akan menjadi ujian bagi pertahanan Indonesia. Sebab, menurut Shin, Burundi sama seperti tim Afrika lainnya yang mengandalkan kecepatan serta kekuatan.

Makanya, ini akan menjadi partai yang bisa menguras stamina dari para pemain belakang Timnas.

Kecepatan, pengalaman, kualitas teknik, hingga ketajaman Berahino, tentu akan menjadi keunggulan dari Burundi. Namun, Berahino merasa kalau pertahanan Indonesia tak akan dengan mudah ditembus lantaran memiliki Jordi Amat.

2. Duel dua jebolan Premier League

Prediksi Timnas Vs Burundi: Uji Pertahanan dari Kekuatan Misteriuspotret Jordi Amat di Swansea City (instagram.com/jordiamat5)

Jordi juga akan dipasangkan dengan Elkan Baggott untuk pertama kalinya. Digadang-gadang, ini menjadi duet bek tengah paling tangguh buat Indonesia sekarang. Hanya saja, kondisi Elkan belum sepenuhnya fit karena baru 70 hingga 80 persen.

Berahino mengaku pernah melawan Jordi, yakni ketika keduanya masih sama-sama berlaga di Premier League bersama West Bromwich Albion dan Swansea City.

"Saya pernah melawan pemain belakang mereka. Itu sudah lama, mungkin ketika masih usia 21 atau 22 tahun," ujar Berahino.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Burundi, Jangan Kelewat

3. Sadar menguras fisik, Asnawi sampai tak puasa

Prediksi Timnas Vs Burundi: Uji Pertahanan dari Kekuatan MisteriusPemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola Singapura Nur Adam Abdullah (kanan) dalam pertandingan semifinal Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). (ANTARA FOTO/Humas PSSI)

Karena sadar ujian melawan Burundi akan sangat berat dan menguras stamina, bek Indonesia, Asnawi Mangkualam, sampai tak puasa. Asnawi mengaku harus menjaga kondisi fisiknya untuk bisa beradu kecepatan dengan para pemain Burundi.

Meski kick-off pukul 20.30 WIB nanti, Asnawi merasa masih harus menjaga asupan makanannya agar kondisi tubuh tidak drop.

"Kami tidak berpuasa untuk menjaga tubuh biar bisa bertanding dengan maksimal. Tentunya tubuh juga butuh energi yang banyak di pertandingan nanti," ujar mantan pemain PSM Makassar tersebut.

Shin, meski buta dengan kekuatan Burundi, sudah menyiapkan antisipasi pula. Beberapa rekaman video Burundi dianalisis olehnya.

Pria Korea Selatan itu juga telah menyiapkan taktik dan strategi untuk mengantisipasi permainan bertenaga Burundi.

"Kami siapkan permainan yang menghibur dan tak mau mengecewakan masyarakat," kata Shin.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya