Resep Trisula Maut Salah-Mane-Firmino di Liverpool Ala Klopp

Susah cari pengganti trio Salah-Mane-Firmino

Jakarta, IDN Times - Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengakui jika saat ini sedang berpikir keras untuk bisa mencari racikan baru di lini depannya. Sebab, trisula maut Mohamed Salah, Sadio Mane, serta Roberto Firmino, menurut Klopp, begitu sulit digantikan.

Ketika sedang berada di masa keemasan, ketiganya dikenal sebagai trio Liverpool yang begitu menakutkan. Mereka bak obat bagi trisula maut Liverpool sebelumnya, Daniel Sturridge, Luis Suarez, dan Raheem Sterling, namun dengan karakter yang berbeda.

"Luar biasa dan tak mungkin menirunya, karena hubungan mereka begitu luar biasa. Ketiganya terhubung dalam harmoni sepak bola yang begitu merdu. Kini, jadi tantangan buat kami dengan segala perubahan yang dilakukan," ujar Klopp dilansir 90 Minutes.

Baca Juga: Deretan Ejekan Piers Morgan Usai MU Dibantai Liverpool

1. Tugas berat buat Klopp

Resep Trisula Maut Salah-Mane-Firmino di Liverpool Ala KloppRoberto Firmino setelah mencetak gol ke gawang Manchester United. (instagram.com/liverpoolfc)

Senjata dan kemampuan yang dimiliki Salah, Mane, dan Firmino, begitu unik. Pun, menurut Klopp, mereka berbeda dan bisa mengisi satu sama lain.

Satu yang jadi kesamaan antara ketiganya adalah gairah bermain tinggi. Mereka, bagi Klopp, tak kenal lelah ketika mengejar bola dan begitu cocok dengan skema gegenpressing miliknya.

"Menjadi tantangan bagi kami dengan segala perubahan yang ada. Untuk beberapa tahun ke depan, misinya adalah mencari pengganti pemain sensasional, formasi, atau apalah itu," kata Klopp.

2. Berlimpah pemain muda, bisa jadi suksesor?

Resep Trisula Maut Salah-Mane-Firmino di Liverpool Ala KloppCody Gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Demi bisa mendapatkan lini depan yang tajam seperti trisula maut sebelumnya, Liverpool sebenarnya sudah memiliki sejumlah pemain menjanjikan. Diogo Jota, Fabio Carvalho, Cody Gakpo, Darwin Nunez, dan Luis Diaz, diharapkan bisa menjadi penerus ketiganya.

Sementara, Gakpo dan Nunez masih belum secara konsisten menunjukkan performa terbaiknya. Maka dari itu, Klopp mengaku tengah berupaya untuk bisa memaksimalkan potensi keduanya.

"Mereka memiliki kemampuan spesifik yang bagus dan kami harus beradaptasi dengan baik secara tim lewat cara main, saling mengisi, hal-hal macam ini. Potensi mereka begitu luar biasa, makanya kami memboyong mereka," kata Klopp.

3. Cari sistem paling tepat

Resep Trisula Maut Salah-Mane-Firmino di Liverpool Ala KloppDarwin Nunez. (thisisanfield.com)

PR selanjutnya adalah membangkitkan gairah dari para pemain muda yang dimiliki Liverpool. Klopp merasa, pekerjaannya hanya menjadi mentor yang baik, sementara hal lain bergantung pada pemain itu sendiri.

"Di mana pun, mereka siap menekan diri. Saat ini, mereka masih sangat muda, masa depannya masih panjang di sepak bola, dan kita akan lihat. Tugas saya adalah menempatkan mereka di posisi terbaik, main dengan sistem paling tepat, lalu pemain ini bisa bekerja secara sempurna," ujar Klopp.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Liverpool pada Era Juergen Klopp, Superior!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya